Pages

Jembatan Tertua di Dunia, Berusia 1,7 Juta Tahun!!!

Ya, Anda tidak salah membaca. Memang benar-benar ditemukan jembatan setua itu, dan dinamakan Adam's Bridge. Sebenarnya berita ini sudah saya ketahui cukup lama tapi baru sempat diposting sekarang setelah gambar yang didapat dirasa cukup. Pada awalnya potret dari luar angkasa menunjukkan sebuah citra mirip garis yang menghubungkan antara India dan Sri Lanka, setelah dicek ternyata itu adalah sebuah jembatan purba. Dan yang lebih mengejutkan lagi setelah diadakan pengecekan umur jembatan, ternyata umurnya bukan ratusan maupun ribuan tahun yang lalu sebagaimana 'cerita' yang beredar bahwa manusia baru muncul sekitar belasan ribu tahun yang lalu. Tetapi umur jembatan purba ini adalah 1,7 juta tahun atau lebih tepatnya sekitar 1.750.000 tahun yang lalu.
foto dari NASA
 

 
Oh iya, gambar ini (pojok kiri atas) diambil oleh satelit NASA, dari beritanya, tertulis

"Space images taken by NASA reveal a mysterious ancient bridge in the Palk Strait between India and Sri Lanka. The recently discovered bridge currently named as Adam Bridge is made of chain of shoals, c.18 mi (30 km) long. The bridge unique curvature and composition by age reveals that it is man made. The legends as well as Archeological studies reveal that the first signs of human inhabitants in Sri Lanka date back to the a primitive age, about 1,750,000 years ago and the bridge age is also almost equivalent.

This information is a crucial aspect for an insight into the mysterious legend called Ramayana, which was supposed to have taken place in tredha yuga (more than 1,700,000 years ago). In this epic, there is a mentioning about a bridge, which was built between Rameshwaram (India) and Srilankan coast under the supervision of a dynamic and invincible figure called Rama who is supposed to be the incarnation of the supreme."

Dari potongan artikel tersebut dapat diketahui bahwa panjang jembatan purba tersebut sekitar 30 km atau 18 mil(1 kilometer sekitar 0,62 mil) dan terbuat dari 'shoal'(ada yang tau shoal? di kamus saya artinya 'beting'). Juga dikaitkan dengan epik Ramayana yang terkenal itu. Dalam cerita Ramayana memang disebutkan tentang sebuah 'jembatan' yang menghubungkan antara Rameshwaram (India) dan Sri Lanka, seperti yang tertulis di potongan artikel di atas. Cerita Ramayana memang cukup fenomenal, mulai dari cerita tentang perang nuklir masa purba hingga pesawat terbang mereka(vimana). Dan memang, cerita Ramayana sendiri berumur sama dengan umur jembatan purba ini sendiri. Sehingga selain Adam's Bridge, terkadang jembatan purba ini disebut Rama's Bridge.

Sebelum ditemukan oleh NASA, sebenarnya jembatan ini sempat juga dilewati dan dicatat di buku catatan penjelajah laut Marcopolo yang terkenal itu. Marcopolo menamainya Setabund-Rameswara. Namun Saya tidak tahu darimana nama tersebut berasal.

Peta Perjalanan Marcopolo

Lalu, jika memang sudah diketahui sejak dulu, mengapa jembatan (yang sebenarnya termasuk ooparts) ini tidak banyak orang yang mengetahui? Menurut pengamatan Saya, hal ini disebabkan oleh otoritas yang memimpin dunia. Ya, teori yang beredar dan diyakini para penguasa dunia sekarang ini menyebutkan bahwa manusia berdasarkan teori evolusi baru muncul sekitar belasan ribu tahun yang lalu (maaf Saya tidak hafal tepatnya) setelah mengalami perubahan bentuk dari sel kecil hingga menjadi manusia berakal seperti kita ini selama berjuta-juta tahun. Jadi jika ada hal yang menyimpang dari teori mereka adalah sangat wajar jika ditutup-tutupi. Mengingat sejak awal teori ini sudah banyak 'lubang' dimana-mana.

Bahkan mereka tidak segan-segan membuat suatu pemalsuan untuk mendukung teori mereka, walaupun pada akhirnyapun terbongkar. Ckck.. Bagaimanapun jembatan purba ini adalah hal yang luar biasa menurut saya..hm...

Artikel Terkait



9 comments:

Yan Geologist said...

ngaak ngaak...

no comment ndisik wae lah..
ku malah bingung arep bilang apa.
habisnya, itu juga konspirasi menurutku.

hehe...

ixan said...

hm..
konspirasi yo..
tapi terlalu aneh ah untuk sebuah konspirasi, ada bukti fisiknya soalnya..
lagian masa ada kera mbangun jembatan..haha..

Yan Geologist said...

nah, sekarang ku dah mau ngoment
soalnya dah lihat sendiri di google earth.

gini, can, beting memang bener artinya dari shoal.
kan artinya offshore/lepas pantai. artinya memang dia sebenernya terlepas bukan bagian wilayah daratan srilanka atau pun india.

dia hanya semacam bentang alam biasa.
Itu sebenarnya sangat wajar mengingat perubahan benua secara global.

wah nek ruang komentar ini bisa untuk nampilin gambar ya, mau tak tunjukkin je. ya ntar cari sendiri aja.

dulu india kan jauh dari belahan bumi selatan (southern hemisphere). Nah, lalu pergerakan lempeng yang relatif cepat secara waktu geologis (ya tetep aja bukan 500km/jam tapi tetap ribuan tahun).

Nah, srilanka waktu itu belum ada. Lalu lempeng mengalami pemekaran dan india sedikit retak dan 'melahirkan' sri lanka. Sehingga efek 'katutan' dari daratan masih ada. itu yang kemudian disebut adam's bridge.

mungkin memang benar itu lebih dulu ada ketimbang adam. Karena adam ada, buminya sudah relatif sama dengan sekarang (artinya, india sudah nempel ke asia membentuk himalaya).

gitu menurutku..

Yan Geologist said...

ini nih, sudah ku upload gambarnya. bisa dilihat disini:
http://sites.google.com/site/webhostnyayan/gambar2ku/srilanka.JPG?attredirects=0

hehe...

Nurvirta Monarizqa said...

aku juga udah liat di google earth, bagus :)

ixan said...

hm, aku masih belum dong gambarnya..
tapi masa salah..ada keterangannya 'man made' juga ki..
kalo ada kerusakan wajar deh, apalagi di Samudera Hindia gitu..

Yan Restu Freski said...

Weh, ada 'man made'nya ya?
haduuh, ini nih, pasti ada aja yang membatasi berkembangnya ide. Toh kita juga belum yakin itu terungkap sebagai buatan apa.

Kalau dibatasi, logika jadi tdk berkembang. Jadi konspirasi. Nek menurutku sih begitu seperti hipotesisku tadi...

Toh, belum dijelaskan juga jembatannya itu tersusun dari batuan apa, batuan organik apa anorganik. Kalo organik, kali aja ada deretan terumbu yang memang bisa hidup disana. (lihat link yang kuanjurkan)

Ikhsan Permadi said...

udah, aku udah liyat link-mu..
tapi kok bentuknya bisa serapi itu ya...
kayak jalan tol aja..
hehe...

Anonymous said...

kok gak di jadiin salah satu keajaiban dunia yah

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!