Pages

Tutorial Rubik Beginner Method 3x3x3


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menyelesaikan rubik cube 3x3x3 dengan beginner method (sebenarnya tidak enak menyebut beginner, tetapi banyaknya keyword di search engine tentang hal ini membuat saya menetapkan judulnya seperti ini saja).
Pada dasarnya dalam menyelesaikan permainan rubik ini ada berbagai macam metode/cara, dari yang paling sering digunakan yaitu Fridrich Method, Petrus Method, ZBLL, hingga teknik yang khusus digunakan untuk menyelesaikan dengan mata tertutup (ganteng!)

Yang akan dibahas di sini adalah metode fridrich (karena paling mudah dipahami). Metode Fridrich sendiri mempunyai total 78 algoritma (rumus) yang harus diingat (hahaha) atau biasa disebut FULL FRIDRICH. Tapi saya kali ini akan menyederhanakannya menjadi sekitar belasan algoritma (biasanya disebut beginner method). Perbedaannya ada pada langkah OLL dan PLL. Apa tuh?
Daripada bertele-tele langsung saja lah..
Oiya, sebelumnya ini daftar istilah yang sering muncul, semoga membantu

center : bagian cube yang mempunyai 1 warna, jumlahnya ada 6 (yang di tengah..)
edge : bagian cube yang mempunyai 2 warna, jumlahnya ada 12
corner : bagian cube yang mempunyai 3 warna, jumlahnya ada 8 (namanya aja corner, yang di pojok
donk..)
terus ini istilah buat algoritma..
R: memutar layer paling kanan searah jarum jam
L: memutar layer paling kiri searah jarum jam
U: memutar layer paling atas searah jarum jam
D: memutar layer paling bawah searah jarum jam
F: memutar layer di hadapan kita searah jarum jam
B: memutar layer di yang ada di balik layer di hadapan kita searah jarum jam
M: memutar layer di tengah dari bawah ke atas.(arah putarannya seperti roda yang berputar maju)

Kalo hurufnya kecil (r, u, l, d), berarti layer yang di tengah ikut diputer juga (langsung muter 2 layer gitu ceritanya) kalo ada tanda aksen/apostrof (R', U', L', D') berarti muternya berkebalikan sama jarum jamlha terus kalo hurufnya udah kecil, ada aksennya? tau sendirilah..hehe...

Oiya, muter 2 kali biasanya ditulis angka 2 di belakangnya, contoh R terus R lagi ditulisnya R2, bukan RR (normalnya gitu)..

Langkah pertama menyelesaikan rubik adalah menyelesaikan 2 layer terbawah atau ada yang menyebut tingkat, atau baris, terserah..saya lebih suka menyebut layer, dan umumnya begitu. Kalau ada yang berpikir bahwa kebanyakan orang menyelesaikan rubik dengan menyelesaikannya tiap 1 sisi maka dia telah berpikir SALAH.
Menyelesaikan rubik umumnya dari bawah..dapat diibaratkan seperti membangun rumah. Dibangun dari bawah, baru kemudian diselesaikan bertahap hingga atapnya.
ini dia:
TAHAP 1
Pertama-tama buat 1 sisi rubik warnanya menjadi sama semua (biasanya sisi yang centernya putih
dulu) sedemikian hingga satu layer warnanya sesuai.
Terus disesuain warnanya dengan center yang ada, sehingga gambarnya jadi kayak gini (pada gambar, sisi yang disamain warnanya dulu yang hijau)
Maaf, mungkin beberapa melihat gambarnya terbalik

Kemudian cari edge yang akan dimasukkan ke slot, pasangkan sehingga berbentuk seperti T terbalik(lihat kanan gambar dan algoritmanaya!!yang kiri nggak begitu penting, cuma bantuan untuk tahap sebelumnya).
gambar berbicara lebih banyak dibanding kata-kata.




kalau sudah selesai memasukkan semua edge yang bersesuaian, gambarnya akan menjadi seperti ini.








tahap 1 selesai.

*untuk hasil yang lebih efektif, pelajari juga metode F2L. Hal ini sangat mempercepat waktu solving Anda.

TAHAP 2
Namanya OLL (Orientation of Last Layer) yaitu menyamakan warna pada layer paling atas, atau ada yang bilang atap. Pada teknik FULL FRIDRICH, cukup menggunakan 1 algoritma untuk menyelesaikan tiap kemungkinan pola yang muncul, tetapi Anda harus menghafal 57 algoritma untuk itu(karena ada 57 kemungkinan pola). Mau?
Karena di sini akan dijelaskan teknik yang lebih sedikit algoritmanya, bisa digunakan 2 LOOK OLL atau 3 LOOK OLL.
Perhatikan dan pelajari gambar berikut (2 LOOK OLL):
thanks to: mas Virkill
jika Anda masih kesulitan menghafal 7 algoritma pada 2nd look tersebut, perhatikan gambar ini:
skema 3 look OLL

Dengan metode ini Anda HANYA harus menghafal 1 algoritma, yaitu algoritma SUNE (R U R' U R U2 R'). Lakukan dengan posisi seperti pada gambar.
Kalau layer teratas Anda sudah berwarna sama, maka tahap 2 selesai.

TAHAP 3
Langkah ini bernama PLL (Permutation of Last Layer). Seperti biasa, pada teknik FULL FRIDRICH hanya perlu 1 kali algoritma (tetapi Anda harus hafal 21 algoritma), tetapi kali ini akan digunakan yang lebih simpel, namanya 2 LOOK PLL.
Pola yang cukup penting di sini adalah melihat pola headlight. Headlight adalah pola dimana ada 2 corner yang menunjukkan pola warna sama pada 1 sisi (lebih jelasnya lihat gambar).
Setelah Anda menemukannya, letakkan pola headlight itu di hadapan anda, kemudian lakukan U2. Atau bisa langsung tempatkan di belakang. Kemudian, putar rubik Anda sehingga last layer (atap) kini menghadap Anda, dan pola headlight berada di atap, kemudian lakukan algoritma ini: R' U R' D2 R U' R' D2 R2

Jika anda tidak beruntung tidak langsung mendapati pola headlight, lakukan algoritma tersebut 2 kali (khusus yang kedua, cari dulu headlightnya, baru dieksekusi), tapi ingat, rubiknya juga harus diputar dulu seperti tadi.

Kalau belum jelas lihat gambar di bawah:
thanks to: mas Virkill

*catatan dari penulis: lambang "x" pada gambar adalah merotasi rubik seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Saya lebih menyarankan melakukan algoritma "A" 2 kali daripada menghafal E permutation (kecuali Anda sudah full PLL).

Setelah langkah tersebut, Anda akan bertemu dengan salah satu dari 4 pola di kanan pada gambar di atas. Lakukan algoritmanya dan Anda telah menyelesaikan rubik Anda!

Semoga membantu, jangan lupa sering latihan, tapi jangan lupa waktu, hehe...
Oiya, saya sendiri sudah mencoba menggunakan F2L (untuk tahap 1) dan FULL PLL tetapi masih semi 2 LOOK OLL, itupun bisa mencapai 25 detik (lama ya?*rekor dunia resmi 7.08 detik) kalau sudah mahir, jangan terpaku di metode ini, coba pelajari F2L dan FULL OLL PLL.. :D

kalau masih bingung komen ya..:D makasih..

Artikel Terkait



4 comments:

Yan Restu Freski said...

aku ra dong!

Ikhsan Permadi said...

sing endi Yan sing ora dong? ben tak perbaiki..hehe...
woh, aku lagi nyadar nek gambar-e akeh sing dobel post..(tripel malah...)
waduh..tak edit sik..

Anonymous said...

:lebay

Anonymous said...

dang. aku ra mudeng, BLAS! :O

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!