Pages

Penjelasan Penipuan Berkedok Sedekah dan Ustadz Yusuf Mansyur

warning : Ust.Yusuf Mansyur tidak terlibat dalam hal ini, nama beliau disalah gunakan.
 semoga tidak ada yang asal komen tanpa membaca keseluruhan konten, thanks


Jumat 17 Desember 2010 (11 Muharam 1432 H) kemarin habis Jumatan di masjid baratnya kampus milan (MIPA Selatan) UGM, saya mendapat sebuah brosur dengan cover Ustadz Yusuf Mansyur beserta sebuah coretan (kayaknya sih tanda tangan beliau). Yap, ustadz yang satu ini memang terkenal dengan kekuatan sedekah dalam berbagai kajiannya. Karena ada tulisan gratis ya saya ambil saja satu, hehe... Tapi kemudian...

Sesampai di rumah baru sempat saya baca. Penasaran juga dalil - dalil mana saja sih yang menyebabkan kekuatan sedekah itu begitu nyata, tapi baru halaman pertama saya langsung curiga. Ada kata-kata "ikut serta dalam program ini". Perasaan sedekah dalam syariat Islam tu nggak ada program programan yang harus ndaftar macem-macem segala, apalagi malah jadi semacam peringatan.

Benar saja, halaman halaman selanjutnya tidak ada lagi Ust.Yusuf Mansyur...
Saya curiga gambar di cover memang hanya sekedar cover...Yang ada di halaman selanjutnya adalah berbagai 'cerita nyata' dari orang-orang yang sudah jadi programmer di acara ini (ikut program maksudnya). Sekilas saya membaca sedikit, ya memang cukup menarik, seperti cerita di dunia mimpi. Hanya bermodalkan sekitar 100 ribu rupiah saja tiba-tiba bisa mendapat uang sampai 900 juta di tabungannya. Aneh kan?

Tapi cerdik juga nampaknya cara mereka, orang-orang yang 'diceritakan' di sini namanya tidak hanya nama Islam saja. Jadi cukup universal. (Nanti saya kutipkan ceritanya). Akhirnya saya memutuskan untuk menyelidiki kebenaran brosur ini. Berbekal nama yang ada, saya mulai mencari keberadaan mereka lewat dunia nyata.

Saya menggunakan sampel satu nama dari satu kisah nyata (Edward Tanasele)

Begini kutipan cerita dia:
"Setelah 1 bulan saya cek kembali, “Puji Tuhan, saldo saya ada Rp. 72,000.000,- Hebat, luar biasa. Saya perlihatkan buku tabungan saya ke rekan-rekan kuliah, mereka sekarang baru percaya dan berebut untuk ikut program Investasi perencana keuangan ini. Saat sekarang saldo saya sudah mencapai ratusan juta rupiah, tepatnya Rp. 652.550.000,-. Saya mahasiswa terkaya di Universitas Pattimura Ambon dan sebuah kijang Inova baru telah saya beli. Saya berencana melanjutkan Program S2 di Sidney Australia."

                                                             Dasar Teori+Analisis
Nah, logikanya begini. Dia mengaku sebagai mahasiswa terkaya di Universitas Pattimura. Kalau begitu pasti dia punya apa yang namanya facebook. Pati ada dong, di sana sudah banyak yang pake facebook lah, atau twitter juga boleh, ini buktinya:

Tuh kan, Perguruan Tingginya aja ada kok, apalagi mahasiswanya..

Kemudian saya cari nama dia:
1. Nama biasa, lewat www.google.com


2. Okelah, lewat www.google.co.id


3. Mungkin harus pake nama Universitasnya

KOK MASIH NGGAK ADA????

Yang ada adalah....
Cerita-cerita yang sama tentang iklan ini. Ya, iklan ini ternyata juga dipublikasikan lewat internet. Akhirnya saya berkesimpulan bahwa ini hanyalah brosur yang mengada-ada dan sudah saatnya berubah fungsi menjadi kertas orek-orekan, hehe... :D

Analisis bagian lain:
kutipan pada 'cerita nyata' ke-4:
"...fotocopy sebanyak 80 set, lalu saya edarkan sekitar kota Bukit Tinggi, Padang dll."
"Setelah 2 minggu saya mengecek ATM BCA dengan ditemani anak sulung saya dan saya melihat saldo Rp. 8.900.000,- saya terharu..."

main hitung-hitungan yok: 80x20.000=1.600.000, lalu, darimana angka 8.900.000 dalam 2 minggu?? hahaha....(ini programnya kirim-kiriman uang 20.000/nomor rekening)

                                                                  Kesimpulan
Jadi, saya berkesimpulan bahwa:
1. Brosur tersebut palsu, hati-hati jangan sampai Anda tertipu dengan modus yang mirip.
2. Ust.Yusuf Mansyur tidak terlibat dalam hal ini, nama beliau disalah gunakan.
3. Jika Anda pernah tertipu, sadarilah, bahwa rezeki tidak datang dengan tiba-tiba dan mudah. Tapi datang dengan kerja keras. Ya kecuali Anda sangat beruntung..:D 
4. Oh iya, sampulnya juga aneh banget, masa sudah 'berpendapatan' ratusan juta gitu bikin brosur jelek amat gambarnya, burem..(nanti kapan-kapan saya upload)


oh iya, brosur lengkapnya sudah saya copas di artikel saya di sini, silahkan yang mau membaca...

*Pesan Khusus: Kalau Anda adalah Edward Tanasele atau sebagainya seperti di brosur tersebut, tunjukkan diri Anda, perlihatkan pada saya, dan saya akan dengan senang hati merubah atau malah menghapus postingan ini..

Terima kasih

Artikel Terkait



246 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 246   Newer›   Newest»
Annisa Fitriani said...

apik banget (applause)

Ikhsan Permadi said...

hmm,,,(gym_okok)
udah rajin posting sha...? :D

Annisa Fitriani said...

posting apa? blog?

Ikhsan Permadi said...

yap...

Adhikatama said...

edward tanasele ki nakal yo...

Ikhsan Permadi said...

ho oh,wkwkwk...

Anonymous said...

jangan sok tau coy. kamu malah melarang orang untuk bersedekah. cepat hapus tulisan menyesatkan yang kamu buat ini. jika kamu tidak ingin di laknat Allah SWT. kita sesama muslim harus tolong menolong. saya pikir kamu orang yang kikir, malas, dengki, dan tidak ikhlas dalam ibadah, tapi mengaku bertakwa. sgera bertobat dan hapus blog penuh fitnah dan analisis yang bodoh dan benar2 salah. jangan sok pintar bung ikhsan. jangan berprasangka buruk. semoga Allah memberi hidayah kamu. saya sdh buktikan program ini

Anonymous said...

saudara ikhsan janganlah berpikiran sempit dan picik. banyak2lah bersyukur dengan nikmat Allah. akan saya perbaiki analisis anda. mungkin saja si edward pakai nama alias. contoh saudara saya lebih di kenal sebagai andri bege padahal nama asliny bukan itu. atau saudara saya yang lain dikenal sebagai adek padahal nama aslinya saputra. soal 8900000. memang benar perkalian 80x20000:1600000 Itu baru dari orang pertama. bagaimana dengan orang selanjutny stelah 80 tadi. pake otak coy, belajarlah ikhlas n bersyukur

Anonymous said...

saya yakin walaupun bu hajjah setelah 2 minggu baru dapat 1600000, beliau pasti bersyukur karena uangny tlah bertambah walau baru sedikit. dan bila dia brsyukur maka akan ditambah nikmatny oleh Allah SWT. baca dong Al-Qur'an surat Ibrahim ayat 7. semoga kamu mndapat hidayah saudaraku ikhsan. tdk ada yang menipu dan ditipu disini. hanya tolong menolong dlam kebaikan jika kamu ikhlas n brprasangka baik. apakah kamu trmasuk orang yg tdk suka menolong, tdk ikhlas, n brprasangka buruk? jawabnya ada dalam hatimu

Anonymous said...

saya yakin walaupun bu hajjah setelah 2 minggu baru dapat 1600000, beliau pasti bersyukur karena uangny tlah bertambah walau baru sedikit. dan bila dia brsyukur maka akan ditambah nikmatny oleh Allah SWT. baca dong Al-Qur'an surat Ibrahim ayat 7. semoga kamu mndapat hidayah saudaraku ikhsan. tdk ada yang menipu dan ditipu disini. hanya tolong menolong dlam kebaikan jika kamu ikhlas n brprasangka baik. apakah kamu trmasuk orang yg tdk suka menolong, tdk ikhlas, n brprasangka buruk? jawabnya ada dalam hatimu

Anonymous said...

saya orang lampung bung ikhsan. dan saya bersyukur ada orang hebat yang punya ide brilian buat mensejahterakan saudara2nya di seluruh nusantara ini. bukan hanya mensejahterakan dirinya sendiri. kamu jangan cuma mikirin diri sendiri aja. jangan takut di tipu dengan bersedekah. makanya bersihin tuh hati n otak lu. jangan sholat tapi gak berbekas apa2 di hati n otak lu coy. saya harap orang jogja g banyak yg seperti lu. karena saya juga pernah sma di jogja. tepatny di smu 3 padmanaba jogja.

Anonymous said...

apakah km pernah mencoba program ini lalu km gagal karena itu km marah n buat berita untuk menjelek2an program ini. hal ini menunjukkan kalau km malas berusaha n tdk ikhlas. atau km blm coba tapi langsung menjelekkan n memfitnah. ini berarti km bodoh n picik. apa km anak ugm? anak padmanaba banyak yg d ugm. smoga km bkn padmanaba. kalo iya malu2in padmanaba aja. saya masuk smu 3 thn 97. penasaran? silakan cari d google,yahoo,dll. n mulailah berprasangka buruk jika mau nambah dosa. smoga km berubah ikhsan.

Anonymous said...

program ini hanya khusus untuk orang2 yang ikhlas, jujur, baik, dermawan, mau berusaha,bersmangat, berhati bersih, berprasangka baik, berpikiran positif, tidak takut rugi krn bersedekah, n banyak bersyukur akan nikmat Allah. tak peduli program ini brhubungan dngn ustadz mansyur atau tdk. kita hanya perlu ikhlas mengerjakannya. kalo mau mengerjakan saya ada beberapa rekening yg bisa km kirim. kamu ada brosurnya kan.

Anonymous said...

peserta IV:neneng antanuri rek bca: 1170708209, peserta III:heru sulistianta rek bca: 1170710343, peserta II: ridwan rek bca: 1170709540, peserta I:winson pertama rek bca: 1170720829, semoga hati kamu terbuka untuk menolong kami ber-4 yg tdk saling kenal ini dan jg menolong diri km sendiri. silakan jika tdk prcaya kata2 saya. jangan takut ditipu, kamu boleh buktikan sendiri jika km masih merasa jujur, ikhlas, tdk malas, pemberani, cerdas n optimis. saya berdoa semoga kita semua bisa berhasil. amin y Allah.

Ikhsan Permadi said...

Anonymous: kenapa ada banyak ya Anonymousnya? :|
kenapa nggak pake nama asli aja?

oiya, mohon jangan bawa2 lembaga dalam berkomentar di sini, karena bisa memicu hal yang lebih besar...

oke, tak jawab satu-satu...

Ikhsan Permadi said...

Anonymous 1:"kamu malah melarang orang untuk bersedekah"
jawab: "tunjukkan kata-kata saya yang menunjukkan bahwa saya melarang bersedekah, terus apakah bersedekah harus dengan cara seperti ini? kemudian pernahkah rasul mencontohkan cara bersedekah seperti ini?"

Anonymous 1:"cepat hapus tulisan kamu yang menyesatkan ini"
jawab: "aliran sesat aja nggak dihapus pemerintah kok, pendapat saya Anda suruh hapus"

NB: Anda warga negara Indonesia kan? tahu ini dong...
UUD 1945 Pasal 28E ayat 3:
Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

UUD 1945 pasal 28F:
Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan

pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki,
menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran
yang tersedia.

Anonymous 1:"semoga Allah memberi hidayah kamu"
jawab: "Amiin"

Anonymous 1: "saya sudah buktikan program ini"
jawab: "oh iya to, mana buktinya, dishare donk.."

Ikhsan Permadi said...

Anonymous 2: "saudara saya lebih dikenal sebagai andri bege padahal nama aslinya bukan itu?"
jawab: "oiya to? kok mirip nama tetangga saya, jangan-jangan iya..:D"

Anonymous 2: "mungkin saja si edward pakai nama alias"
jawab: "setahu saya edward itu nama baptis..(CMIIW) dan edward tanasele adalah nama yang terlalu panjang sebagai alias,,nih contoh nama alias: andri bege, adek...pendek kan?

lagipula kalau saya memenangkan sesuatu dan diminta mengisi biodata, maka secara psikologis yang akan saya tulis adalah nama asli saya,,,iya nggak?"

Anonymous 2: "bagaimana dengan orang selanjutnya stelah 80 tadi"
jawab: "langsung aja ya, kalau itu seminggu, berarti dalam satu hari rata-rata ada 63 orang yang mengirim balik uangnya, banyak juga ya?"

Ikhsan Permadi said...

Anonymous 3: "tidak ada yang menipu dan ditipu, hanya tolong menolong..."
jawab: "Anda ikut? berhasil? dishare donk, buktinya..."

Anonymous 4: "jangan takut ditipu dengan bersedekah"
jawab: "baru kali ini saya tahu ada metode sedekah seperti ini"

Anonymous 4: "saya harap orang jogja g banyak yg seperti lu. karena saya juga pernah sma di jogja"
jawab: "ha gene wis tau sekolah ning jogja kok malah ngiro aneh-aneh, kudune wis reti lah kahanan jogja"

Ikhsan Permadi said...

Anonymous 5: "apakah km pernah mencoba program ini lalu km gagal karena itu km marah n buat berita untuk menjelek2an program ini"
jawab: "nggak kok, cuma nggak logis aja, liat lagi UUD Pasal 28, kebebasan berpendapat. Oiya nggak usah bawa-bawa lembaga di sini, ini pendapat pribadi, nggak ada hubungannya sama lembaga."

Anonymous 6: "program ini hanya khusus untuk orang2 yang ikhlas...tidak takut rugi karena bersedekah..."
jawab: "ya iyalah, SEDEKAH kok NGAREP dapet duit, cuma di program ini aja deh kayaknya...nanti kalo perlu saya cariin definisi sedekah..."

Ikhsan Permadi said...

Oh iya lupa

Anonymous 6: "tak peduli program ini brhubungan dngn ustadz mansyur atau tdk"
jawab: "lah, kalo covernya aja Anda sendiri nggak peduli bener ato nggak, gimana isinya? Atau anda merasa tersudut tidak ada bukti bahwa ini benar-benar program dari ust.Mansyur?

kalau bukan, berarti penipuan dong, kalo penipuan hukumnya apa coba?"

Ikhsan Permadi said...

lagian sejak awal udah aneh kok...
masa iya kayak gini namanya sedekah...

bukannya yang disedekahi itu orang fakir ya?
terus kalau orang pertama yang ikut program ini dapet aliran dana dari anggaplah seorang seperti di cerita-cerita itu, berarti yang menerima 'sedekah' lebih kaya dari pemberi sedekah dong...

APA-APAAN???

atau mungkin...tidakkah ini lebih mengarah ke arah riba? karena terlihat seperti orang yang tidak melakukan apapun tetapi memiliki penghasilan...(cuma nyumbang 20.000 terus diem aja)

ngerti kan maksud ane?

Anonymous said...

Allah menjanjikan surga bagi siapapun yang bertakwa. apa kamu yakin kalo kamu ibadah ndak ngarep apa2 dari Allah. Allah berjanji melipatgandakan harta bagi yang bersedekah. kamu percaya g? mungkin kamu adalah contoh manusia yang kikir. yang cuma mikirin perut sendiri, n gak senang kalo orang lain (kenal or gak kenal) senang. pada awal saya berjuang. saya mendapat brosur ini dari tetangga saya yang kurang mampu. lalu saya berpikir jika saya sukses menyebarkan maka dia yang diatas saya juga akan sukses.

Anonymous said...

nama winson. saya yatim sejak tahun 2004. anak tertua dari 3 bersaudara. keluarga kami pas-pasan. hidup dari berjualan kerupuk seharga 500 rupiah per bungkus. diatas saya bapak ridwan seorang tukang becak dengan anak 3 yang masih kecil2. dua orang lagi saya ga tau. n saya g peduli. karena niat saya membantu keluarga saya n pak ridwan. dan Alhamdulillah secara tidak langsung membantu 2 orang di atas kami. memang saya baru dapat 2 juta dari 300 lembar yg sy sebar. itu saja sudah sy syukuri. memang gak banyak

Anonymous said...

sejak awal sy udah tau brosur ini bukan dari ustadz mansyur. tapi saya percaya program ini bisa membantu kami orang2 yg kurang mampu. sy pikir ust mansyur dipakai agar orang lebih percaya saja dgn program ini n mau sedekah dgn ikhlas. sy jg tau program ni bisa saja dimanfaatkan oleh orang2 yg tdk bertanggung jawab yang hanya ingin memperkaya diri. itu urusan mereka dengan Allah. bukan urusan saya. saya hanya meluruskan niat saja. dan saya tidak merasa tertipu walau hasilnya tidak sebesar seperti di brosur.

Anonymous said...

sekarang yg ingin saya tanyakan ke km adalah: apa yg akan km lakukan sekarang setelah kamu tau yg meminta km menyebarkan brosur ini adalah seorang tukang becak n anak yatim dr lampung yg berjuang sendiri menghidupi ibu, istri, n 2 adik yg masih sekolah? apakah kamu ingin membantu kami atau tidak peduli pada kami. baca AQ surat Muhammad 47 ayat 38. punya AQ terjemahan kan saudaraku ikhsan? semoga ini bisa memperluas pandangan kamu bukan hanya dari sisi negatifny aja. kamu mau tau kenapa saya bisa internetan?

Anonymous said...

sy meminta km menghapus tulisan ini, karena tulisan ini akan merugikan pak ridwan, saya, n orang2 miskin yg lain yg telah bersusah payah berjuang menyebarkan brosur sedekah ini (maaf saya tidak mengurusi orang2 yg berlaku curang). jd menurut km apakah sama meminta sedekah (mengemis) 20000 dengan riba? apakah cuma hak ustadz mansyur saja yang berhak meminta sedekah (mengemis) kpd pemirsany? apakah orang kurang mampu tidak boleh meminta jika banyak orang kaya yg jarang (sedikit) sedekah karena takut miskin.

Anonymous said...

sy tdk meminta pd mnusia sy meminta pd Allah agar niat baik n usaha sy ini bisa brhasil. krna smua yg didunia ini hakikatny adlah milik-NYA n bukan sy yg membuat orang brsedekah tapi Allah yg menggerakkan hatiny agar mau brsedekah dngn ikhlas. seperti yg diajarkn ustadz mansyur bhwa kita boleh meminta apa saja pada-NYA karena kita ini hamba-NYA n kita akan selalu membutuhkan-NYA. karena cuma DIA yang bisa membantu kita. Kun faya kun itulah kata kesukaan ustadz mansyur. terimakasih wassalamu'alaikum wr wb

Anonymous said...

sy tdk pernah merasa tertipu n berniat untuk menipu. sy hanya ingin mmbantu keluarga sy n scara tdk langsung mmbantu orang yg mmberi brosur ini pd sy serta orang2 yg sy beri brosur ini. sy pun telah memberi orang2 miskin lain di tempat sy agar bisa memperoleh rejeki dari program sedekah ini meski nanti nama sy pasti terhapus dari brosur. sy harap km memahami maksud n niat sy menjalankan program ini. soal hasil sy serahkan semuany kpada Allah. sy hanya bisa mensyukuri apapun yg diberi-NYA. Amiin. Terimakasih

Ikhsan Permadi said...

sepertinya kita beda parameter...

daripada semakin terlihat konyol dan tidak jelas jawabannya (saya cuma minta bukti kok) lebih baik cukup jawab pertanyaan yang saya ajukan di bawah ini saja, baru saya lanjutkan:


1. Anda yakin program ini namanya sedekah? tolong tuliskan definisi sedekah menurut Al Qur'an / hadits

2. Kemudian beri urutan orang-orang yang berhak menerima sedekah...

3. Apa hukumnya uang yang didapat dari bunga bank, yaitu hanya memasukkan uang ke rekening bank dan menunggu uang bertambah melalui bunga bank...

mudah kan?

Anonymous said...

pertanyaan sy saja belum dijawab kok malah nanya lagi to. km mau ngetes apa emang tdk punya ilmu agama yang cukup wahai saudaraku ikhsan. n sy harap km tdk mencari2 alasan agar kamu bisa merasa lebih tenang karena sesungguhnya mungkin dalam hati km tdk suka membantu orang yang tdk km kenal walau orang itu benar2 kesusahan. untuk lebih jelas baca AQ surat Muhammad (47) ayat 38 dengan teliti dan rasakan dngn hatimu apa km trmasuk orang yg seperti itu. wong jawab mau/tidak bantu aja masih ngeyel n ngebantah.

Anonymous said...

... Dan manusia adalah mahluk yang paling membantah. QS Al-Kahfi 18/ 54. Dan jika mereka membantah kamu, maka katakanlah:"Allah lebih mengetahui tentang apa yang kamu kerjakan." Allah akan mengadili di antara kamu pada hari kiamat apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya. QS Al-Hajj 22/ 68-69. baca juga surat yunus 10/ 41-44 n surat al 'aadiyaat 100/ 6-8. dibaca ya saudaraku ikhsan. pikirkan n rasakan dengan hati yg bersih n lapang dada. jangan pake emosi n hawa nafsu anak muda.
wassalam. :)

Ikhsan Permadi said...

bukan gitu, saya khawatir saya dan Anda ternyata parameternya beda, karena kalo parameternya udah beda saya nggak akan bertanya lagi karena pasti percuma...

kayak orang yang percaya MLM itu haram didebatin sama yang percaya MLM halal, nah itu nggak akan selesei kecuali satu pihak ngalah, Anda bisa ngerti maksud saya?

atau Anda percaya MLM itu halal?

parameter yang saya maksud di sini adalah definisi sedekah itu sendiri, saya tidak merasa ini adalah suatu program yang bernama 'sedekah', tetapi hanya bermalas malasan menunggu uang seperti halnya bunga bank yang jelas jelas haram.

Nah, kalau menurut Anda bunga bank itu halal, saya tidak akan mendebat lagi karena kita beda parameter. Begitu juga dengan sedekah, kalau Anda menganggap ini adalah sedekah, maka saya akhiri perdebatan ini, karena saya percaya ini bukan sedekah, kenapa?

Salah satu sebabnya, karena ketika suatu pihak di program tersebut sudah bisa dibilang 'mapan', apa ia berhak menerima 'sedekah' dari yang lebih kekurangan?

Makanya saya minta penjelasan urutan orang yang berhak menerima sedekah, gitu...

sebenarnya maksud saya sistematis cuma saya mengatakan secara implisit, karena kalau eksplisit jadinya akan panjang seperti ini.

Tetapi saya melihat maksud saya yang hanya tiga pertanyaan tersebut tidak bisa ditangkap dengan baik jadi terpaksa saya menjelaskan secara eksplisit seperti ini...

Maaf kalau jadi panjang....

Anonymous said...

baiklah kalau anda tidak percaya ini sedekah. apakah menurut anda ini tidak bisa digunakan untuk tujuan baik memakmurkan orang2 fakir n miskin? Kecuali anda memang orangny bersifat negativisme. karena terlalu takut di tipu oleh orang munafik yang suka menipu. Albaqoroh ayat 8-20.

biarlah orang munafik itu menipu itu urusan Allah. atau anda pikir semua orang Indonesia munafik. sehingga anda takut sekali tertipu. seolah-olah tidak ada orang baik lagi di Indonesia ini. kalo begitu bisa gawat Indonesia or mungkin khususnya jogja karena Allah sudah berjanji seperti Ini:

"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya." Al Israa' ayat 16

Anonymous said...

jadi bagaimana kalau anda membei sedekah kepada tetangga saya yg miskin yg sedang koma n butuh banyak biaya sampai puluhan juta. berapa yg mau anda sedekahkan. kirim ke rekening saya 1170720829. sy mau liat seberapa besar sih keikhlasan saudara dalam bersedekah. jangan2 cuma berani sedikit. seperti di surat An Najm 53 ayat 33-42 berikut kutipannya :Maka apakah kamu melihat orang yang berpaling (dari Al-Quran)? serta memberi sedikit dan tidak mau memberi lagi? selanjutnya baca sendiri.

km percaya ga dengan yg ini? AQ lg tentu :
Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku." Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku" Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim. dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin, dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencampur baurkan (yang halal dan yang bathil), dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan. Al Fajr 89 ayat 15-20

sedekah itu hakekatnya ngarep pahala dari Allah. yang pasti pahala Akherat tapi kalau bisa ya di kasih di dunia juga makanya baca nih : "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri surat Faathir 35 ayat 29 -30

Anonymous said...

urutan sedeakah baca nih kalo emang belum tau.
Sesungguhnya sedekah-sedekah itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
At Taubah ayat 60 (baca arabny jg ya kawan)

jadi saya menganggap bahwa yang menyebarkan brosur ini adalah orang2 miskin sepert saya. jadi jika anda merasa kaya cukup bersedekah saja n tidak usah menyebar brosur ini. krena yang berhak meminta itu hanya orang miskin.
kalo ada orang kaya yang menyebar brosur ini itu bukan urusan saya itu urusan Allah.

jika orang miskin tadi sudah kaya ia tidak perlu menyebar lagi. jangan seperti orang cina dalam brosur itu!!

baca y surat Al Ma´aarij 70 ayat 19-25.

saya cape ngasih tau orang yang cuma bisa minta bukti tapi gak ada aksi.

kamu anak orang kaya kan ayo sedekah ke tetangga saya yg lagi koma dia janda tua yg miskin. minimal 1 juta aja dah.. :) Berani!!!!!!. apa cuma berani sedikit aja. atau kamu takut saya curangi saudara ikhsan. hehe :)
kalau sudah kirim kasih tau y lewat sini. semoga kamu bukan orang yag cuma bisa omdo (omong doang)

“Dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu golongan, maka kembalikanlah perjanjian itu kepada mereka dengan cara yang jujur. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.” (QS. Al Anfaal 8 : 58).

“Sekali-kali jangan curang,..” (QS. Al Muthaffifin 83 : 7)

Wassalam. :)

Anonymous said...

kalo urusan bank sesama ulama aja beda pendapat. Anda tau kenapa ustadz mansyur pake BCA juga. menurut saya mungkin karena BCA fasilitasnya lebih mudah karena sudah tersebar di seluruh Indonesia. N beliau gak mungkin ngarep dari bungany ya toh. makanya jadi orang jangan bisanya cuma negatif aja. bisa tambah rusak kalo di Indonesia sudah penuh dengan orang negatif. sekarang aja udah banyak, buat apa nambah2. hehehe :}

sudah mau subuh nih. biasa sholat jamaah ke masjid gak kamu. karena orang yahudi itu paling takut sama orang-orang islam kalo sholat shubuhny sudah sebanyak sholat jum'at atau bahkan lebih. karena itu berarti orang islam sudah makmur n kuat. bagaimana dengan Indonesia?. masih jauh dari harapan.. sepertiganya aja ga nyampek. buktiin sendiri kalo kamu sholat ke masjid waktu shubuh n isya. itu waktu yang paling berat ujiannya kalo mo jamaahan.

wassalam :)

gendonracun said...

komen atas ane aneh2, emang tolak ukur keikhlasan seseorang lewat jumlahnya ya? hahahha,

Ikhsan Permadi said...

aduh lama nggak ngeblog... --'
saya jawab satu satu yah...

ini kalimat Anda lho, bukan saya:
"krena yang berhak meminta itu hanya orang miskin"
lah berarti kalo yang ikut program ini udah jadi kaya gimana dong? ambigu no programnya, nggak ada batas berhentinya. Kata Anda yang udah kaya tadi nggak berhak meminta lagi, sementara di brosur ini diiming2i uang yang banyak,,,gimana no, saya nggak yakin ini sedekah...

kalo mau sedekah yang nggak ribet nyumbang bikin masjid apa jalan ato apa kek yang jariyah(kalo pingin nyari pahala lho seperti yang Anda bilang: "sedekah itu hakekatnya ngarep pahala dari Allah")

oiya, bukannya paling berat itu sholat Shubuh sama Ashar ya?
soalnya waktu itu tu waktu waktu Ashar banyak digunakan sebagai waktu untuk bekerja(sekarang juga kayakanya masih banyak yang gitu).
CMIIW

wassalamu'alaykum...:)

Ikhsan Permadi said...

gendonracun: ayo ayo...haha...

Anonymous said...

1. Fitnah. Ngasal make nama ust. Yusuf mansur. Coba browsing deh. udh dikonfirmasi kok, beliau g tau soal program ini. Malah beliau bilang penipuan.
2. Bukan sedekah. kalo yg pengen nerima musti transfer dulu, gimana tuh fakir miskin yg bahkan g sanggup bwt buka rekening? G bisa ikutan dong? Kejamnya..
3. Mubazir. Hasil itungan kira2 saya nih 7 lbr x 200 rangkap x100rupiah=140000 buat fotokopi doang. Cukup bwat makan brapa anak yatim tuh?..
Eh lupa, itu baru 1 orang, dikali 1000 orang jd berapa ya mubazirnya?

Kesimpulan =Penipuan. Jelas sekali.
(Maaf)tapi yang kemakan program ini mata duitan!

Ribet banget sih pake program itung2an duit per minggu segala.Itulah akibatnya kalo pake logika manusia. Ujung2nya duit.

Rezeki ga selalu dlam bentuk uang! kesehatan, keluarga, teman baik, ilmu.
Allah lebih tahu yang terbaik bagi hambanya bukan?
Katakanlah nt kena kanker ganas, dokter manapun dah angkat tangan. Masa masih mau minta rezeki dlm bentuk duit?


Kenapa sih g sedekah langsung aj? Ato dateng ke BAZ. Insya Allah, yang menerima sedekah kita nantinya adalah yang benar2 berhak.

Anonymous said...

Kelihatan dari tata bahasa dan notasi ucapannya, saudara ikhsan adalah tipikal orang yang tidak mengetahui (tapi bersikap sangat mengerti) tentang hubungan ilmu agama dan perbankan.
Jangan pernah samakan keadaan zaman rasul dan zaman sekarang wahai saudaraku.

Sebuah kesan yang saya dapat, blog ini hanyalah blog yang benar-benar tidak bermutu.

Allah bersama mu kawan.

: bmfKelihatan dari tata bahasa dan notasi ucapannya, saudara ikhsan adalah tipikal orang yang tidak mengetahui (tapi bersikap sangat mengerti) tentang hubungan ilmu agama dan perbankan.
Jangan pernah samakan keadaan zaman rasul dan zaman sekarang wahai saudaraku.

Sebuah kesan yang saya dapat, blog ini hanyalah blog yang benar-benar tidak bermutu.

Allah bersama mu kawan.

: bmf

Anonymous said...

ente hanya pake logika, kyke takut ketipu... mungkin penipu kali....

avif said...

For Anynomous:
Harusnya ust. Yusuf Mansyur meluruskan hal ini.
REJEKI, JODOH, MATI hanya di tangan Allah SWT. bukan Yusuf Mansyur, program seperti ini lebih mengarah ke Judi bukan sedekah, sebab kita dihadapkan pada gambling, untung untungan klo ada yang mau fotokopi berkas kita, klo gak?.
klo memang hal ini masuk dalam kategori sedekah bisa dikatakan Ust. Yusuf Mansyur adalah penjudi bukan pedakwah. karena mengajarkan ilmu tentang pengundian nasib.

muslih said...

stuju sama kang iksan...maju terus kang...

Anonymous said...

metode money game itu, kita transfer, trus ntar kita d transferi, mana tau kita perputaran uang itu halal atau engga -_-!

badik makassar said...

istigfar wahai saudara2ku jangan sampai perbuatan org yg mmbuat program ini lbh baik dr perbuatan kita,intix kita berpikir positif aja masalah penipuan atau bukan, itu hanya ALLAH lah yg tau

Anonymous said...

http://marjanhati.wordpress.com/2012/02/13/ust-yusuf-mansur-bantah-memiliki-program-investasi-sedekah-the-miracle-of-giving/

Anonymous said...

setuju mas ikhsan!

Anonymous said...

yang mau ikut ya silakan,yang engga' juga silakan.

saya pernah dapat yang isinya 10 lmbr,di situ di sertai beberapa amalan untuk mendapatkan rezeki(rezeki bukan cuma uang,tapi masih banyak yang lain selain uang.

saya menyimpulkan ini bukan tipuan jika niatnya ikhlas,,,, ini juga bisa jadi penipuan jika niatnya ga ikhlas apalagi sampe ga berhasil kaya yang di bayangin hasilnya.

mengenai wajah ust.yusuf yang jadi cover, kesimpulan saya itu karena beliau dianggap pelopor sedeekah,dan saat ini sedang melambung namanya,,kalo suatu saat beliau tidak seperti sekarang,mungkin covernya bukan wajah beliau lagi.

Anonymous said...

heeeee..eee

Anonymous said...

ikut aja gan... jangan dengerin komentar yg menyesatkan. buktinya saya baru 3 bulan sudah dapat hasil Rp.6.820.000,-- bagi yg blm punya brosurnya SMS aja ke nomor ini ya.. 081910075121 nanti dikirim Via POS.

Anonymous said...

AHDASAR OTAK SIRIK SEMUA ASAL NGONMONG PENIPU! INI ADA OPINI YANG KUTIP KOMENTARNYA..SILAHKAN ANDA PADA BACA DEH

Anonymous said...

AHDASAR OTAK SIRIK SEMUA ASAL NGONMONG PENIPU! INI ADA OPINI YANG KUTIP KOMENTARNYA..SILAHKAN ANDA PADA BACA DEH

Assalammualaikum wr.wb.

Program investasi sedekah ini tidak ada unsur penipuan asal yg ikut jujur dan adil. peserta tertinggi malah bisa digusur peserta baru, jadi ada batas penerimaan sedekah. Ini adil !
modal setoran hanya 80 ribu, selebihnya biaya fotocopy selebaran untuk disebarkan.

Jutaan laki2 terkadang menghabiskan 300 ribu perbulan hanya untuk rokok, bagaimana kalau setengahnya dipakai untuk ikut program ini? Malah ikut beribadah dengan meng-kampanye-kan ajaran sedekah.

Sedekah adalah salah satu obat bagi bangsa Indonesia yg sudah banyak sakit moral, keadilan dan kejujuran.

Allah SWT sudah mengingatkan bahwa sifat dasar sebagian manusia adalah kikir dan tidak suka melihat orang lain sukses. Kenapa program ini yg mengajak untuk kesuksesan bersama malah disalahkan?

Jika ada orang yg menentang program ini, maukah orang itu yg menentang tidak mempunyai tabungan di Bank yg mendapat riba? Ingat, riba atau bunga bank adalah hal yg diharamkan Allah SWT untuk menjadi harta kita.
Jika menabung pada Bank pasti kena riba, ikut Sham/obligasi bersifat judi, ikut Multi Level Marketing harus bayar uang starter pack diatas 200 ribu, disuruh jual barang, disuruh cari bawahan, lalu yg diatas makin kaya, yg dibawah makin nyungsep, TIDAK ADIL !!!

mengenai foto ustad mansyur, selebaran itu hanya mengutip isi buku dan dakwah beliau dan selebaran itu malah ikut menyebarkan dakwah beliau tentang ajaran sedekah, jadi tidak salah. Yg penting kan tidak menjelekkan dakwah beliau.
kalau dibilang menumpang nama dan kena tuntut, kenapa jutaan keturunan ulama2 terkemuka lain di dunia tidak menuntut orang yg memasang nama dan foto ulama2 tersebut untuk kepentingan mereka ?

Anonymous said...

Disini malah ustadz Yusuf Mansyur yg diuntungkan dengan penyebaran inti dakwah beliau tentang ajaran sedekah…
Orang yg kekurangan harta sangat dianjurkan ibadah bersedekah apalagi orang yg berkelebihan harta, sesuai fiman Allah dalam => “… Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan” (QS Ath Thalaaq : 7)

” Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. ”
( QS Al – Baqarah : 261 )

Karena Allah SWT menjanjikan balasannya => ” Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” ( QS Al – Baqarah : 265 )

“ Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yg (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” ( QS 65. Ath Thalaaq : 3 )
Jangan pernah takut pada manusia yg mencibir / mencela tindakan kita untuk bersedekah karena Allah SWT berfirman => “ (Orang-orang munafik itu) yaitu orang-orang yg mencela orang-orang mukmin yg memberi dengan sukarela dan (mencela) orang-orang yg tidak memperoleh (untuk disedekahkan) selain sekedar kesanggupannya, maka orang-orang munafik itu menghina mereka. Allah akan membalas penghinaan mereka itu, dan untuk mereka azab yang pedih.” (QS At-Taubah : 79)

“Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan… Kecuali ia bertambah… bertambah… bertambah… ” (HR. Tarmidzi)

“Siapa yang memberi pinjaman kcpada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan balasannya dan baginya pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadid 57:11)

“…dan (janganlah kamu takut kepada kemiskinan karena membelanjakan Harta di jalan Allah)…” (QS. AI-Baqarah 2:245)

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan (yg sempurna) hingga kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai…” (QS. Ali-Imran 3:92)

“Ingatlah, kamu ini orang2 yang diajak menafkahkan hartamu pada Jalan Allah. Maka diantara kamu ada orang yg kikir, dan siapa yg kikir sesungguhnya dia hanya kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah lah Yang Maha Kaya sedang kamulah orang2 yg membutuhkan-Nya…” (QS Muhammad : 3

“Dan Allah senantiasa memberi pertolongan kepada hamba-Nya, selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Anonymous said...


Perbanyaklah SEDEKAH, karena di dalamnya terdapat KHASIAT :

 Menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit hati (iri, dengki, kikir dan lain2).
 Melapangkan rejeki dan menenangkan hati & jiwa.
 Menjauhkan dari segala macam kesulitan & masalah.

Seorang konglomerat Indonesia yg berpenghasilan bersih 1 milyar rupiah sebulan, beliau memberikan resep suksesnya : bahwa beliau tidak pernah menolak setiap orang yg datang minta bantuannya karena beliau anggap orang yg datang minta bantuan kepadanya adalah jalan pintu berkah, bukan beban !!!

Dan Allah SWT memberi peringatan keras kepada manusia yg berpedoman pada Al-Qur’an =>
” Hai orang-orang yg beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yg telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yg pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yg zalim.” (QS Al-Baqarah : 54)
Pahami dulu isi selebaran itu, baru komentar !
Semuanya kembali kepada diri kita sendiri untuk membuka mata hati kita (bagi manusia yg masih menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya), untuk berkeyakinan “Positive Thinking”, berserah diri kepada Allah SWT, bahwa Allah SWT akan memberikan balasannya dalam bentuk apapun dan Allah SWT akan membalas dengan balasan yg tidak dikurangi sedikitpun bahkan dilebihkan sampai batas tak berhingga jika Allah berkehendak, sesuai Janji – Nya.
Wallahu’alambissawab.
Subhanallah …

Perhatian :

Program ini hanya untuk manusia yg masih percaya kejaiban sedekah dan manusia yg masih berpedoman pada Al-Qur’an.
Program ini tidak berlaku bagi orang yg Bakhil (pelit), kikir , tidak suka melihat orang lain makmur atau memendam harta seakan2 akan dibawa mati. maka hartanya kelak akan dikalungkan kelehernya di hari kiamat !!!!!

Anonymous said...

setuju ya shohib, maju terus pantang mundur... sebar terus program ini utk kesejahteraan umat islam, jangan dengerin komentar si ikhsan yg menyesatkan, dia cuma takut ditipu aja kali... he..he..he.. (cirinya org bakhil)..

Edward Tanasele said...

Hidup Mas Ikhsan!!!
Kami memang butuh UANG tetapi kami lebih butuh hal yang mencerdaskan pola pikir kami. Mungkin bagi beberapa orang, sukses terdefinisikan dengan nominal uang yang banyak namun bagi sebagian orang yang berfikir sukses adalah mengarahkan pola pikir yang bodoh (belum mengetahui) menuju benar (mampu membeda mana yang benar dan salah). Bagi saya pribadi anda (mas Ikhsan) adalah orang sukses, karena bisa mengarahkan orang2 yang belum tahu menjadi tahu.
Terima Kasih...

Anonymous said...

ikut monggo, gak ikut monggo.
yang jelas kita niat bersedekah dilandasi jujur, ikhlas.Saya yakin Allah SWT pasti akan memberikan apa yang telah dijanjikan
berdoa dan tetap bekerja....
saya iut program ini dengan bersedekah tanpa aharus menggandakan brosur, saya yakin bahwa orang orang atau saudara2 kita pada brosur itu memang butuh bantuan
semoga Allah SWT memberikan petunjuk bagi kita semua




















rolling said...

barusan ada temen dateng ngasih brosur ini,, iseng iseng googlilng nama edward nemu blog ini,,,

Ane vote ke bang Ikhsan,,, sama sekali gak sreg di hati ama hal yang beginian,,

Daud Sitorus said...

Aahh...tulisan buatan anggota Jaringan Islam Liberal macam Ikhsan Permadi yg goblok ini kok dibaca & dimasukin hati ??
Biarin lah orang goblok ini berbicara. Maklum, semakin tinggi pendidikannya, semakin ga punya nurani & agama... :p

Anonymous said...

Ane jg vote ke Bang Ikhsan. Saya rasa penyampaiannya cukup bijaksana dan simple, tdk bermaksud melecehkan. Perbedaan pendapat pasti ada. Tp mohon disampaikan dg santun, jgn sampai mengeluarkan kata-kata yg tdk mencerminkan seorang muslim, jgn sampai menyinggung perasaan org lain. Begitupun sy, sy jg berhak berpendapat. Mnrt sy, lbh baik bekerja keras az dlu menjemput rezeki dg cara yg حَلاَل dan rezeki tsb benar2 hsl dr keringat sendiri, biar berkah.Banyak hal yg dpt kita lakukan, apalagi negara kita dikaruniai kekayaan alam yang melimpah. Kemudian rezeki yg kita dapatkan pergunakan dg sebaik2nya, diantaranya untuk zakat dan sedekah. Pahala ataupun balasan itu kehendak Allah,tdk perlu memusingkan atau menghitung2 balasan yg akan kita dapatkan.Cukuplah Ridho Allah yg kita harapkan, itulah yg menyelamatkan kita. Mohon maaf sy hnya menyampaikan pendapat, sy jg menghargai smw pendapat di atas. jika kata-kata sy ada yg salah, yg salah itu asalnya dr kebodohan sy, yg benarnya berasal dr Allah SWT.trims.

Anonymous said...

Sy lebh setuju sm mas ikhsan,,

mazeddy said...

I a gree 100% with Mr. Ikhsan.... kalau mau kaya ya kerja keras.... mau niat sedekah lsg aja ke para dhuafa di sekeliling kita...

gugi radiansyah said...

Assalamualaikum Wr.Wb
Wahai Sdrku jgn sampai qt jdi pecah, qta pilah dan pilih yang bijaksana..mau ikut ya silakan klo engga jg gpp, yng penting pelihara trus Sedekah bagi yang muslim ya perbanyk DUIT(Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal) gunakan hartamu di jalan Allah..ya pake logika dan tetp berpasrah pd yang maha Esa qta tdak tahu sypa yang benar dan yng salah yng benar yng saya tahu adalah Tuhan, qt hanya bisa merencanakan...

Suara Rongsok said...

sedekah kog dipublish... mbok sante lo.... kalo mau ngingetin g gini-gini juga kale.... biar kan orang cari caranya sendiri wad bersedekah.... kalo gini terus debatnya g rampung-rampung... alloh lebih tahu umatnya jadi let it flow aj...

rangga saputra said...

apa pun permasalahanya perdebetan itu lebih besar mudaratnya dari pada manfaat..

rangga saputra said...

yakin aja dengan keyakinan sndiri .....

rangga saputra said...

apa pun permasalahanya perdebetan itu lebih besar mudaratnya dari pada manfaat..

Anonymous said...

Hub aja Ustadz Mansur trus tanya pendapatnya
lalu pesan saya
" Lakum dinukum Waliaddin "

Joe Hard said...

logikannya :orang miskin mana ada buat buka rekening trus fotocopy sgitu banyak.. sedekah ya langsung aja ke fakir miskin,, ribet amat harus buka rekening dulu, fotocopy dulu,,

Anonymous said...

aku ikuutt

Anonymous said...

lawong ustad yusuf sndri bilang kok sedekah kalo gk d paksa dari diri kita sndri,sampai kapanpun gk bkal prnah sedekah. bener banget kalo brosur itu kita ikut mendakwahkan ap yg di sampaikan ustad. makanya nonton trus acaranya tiap hari jam 5 pagi,ama malm jumat jam 9 mlm. msalah sampul brosur itu jgn kita mslhkn sob,sya ykin ustad jg pasti iklas klo untuk di jadikan bahan pelopor untuk kebaikan bagi orang yng ber jalan di jalan allah. saya jg mau ikt program ini,karna niat untk kebaikan kan semua amal itu tergantung dr niat, orang senyum aj kata nabi sedekah.apa lg meminjamkan sesuatu itu lbih besar pahalanya dari sedekah. jd sdekah it gk usah fakum dngan orang yang berhak menerima sedekah{golongan asnaf}. sedekah it buat siapa aj yg membtuhkan.bagi ahli seedekah uang 80rb gk ada artinya,,,,, karna smua yg kita miliki adlh mlik allah. program ini intinya ikhlas.

Anonymous said...

joe;
lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali.
kl di balik logikanya jangan meng kususkan untuk orang miskin bos dlm program ini. orang kaya jg boleh, kan salah satu manfaat sedekah itu mensucikan harta yg di miliki. sya ykin org yng ikt prgram ini adalah orng2 yg lg butuh. jd klo iklas y silahkn gabung, kl tdk y jgn menghalangi orng yg lg brjalan di jalan allah. allah maha tau seberapa kebutuhan orng tersebut,jd jgn jd milyarder yg kita hayalkan...tp syukuri apa yg kita peroleh dr usaha itu untk orang lain jg yg membtuhkan.

Anonymous said...

apapun caranya yg penting diniati IKHLAS untuk sedekah,,,,,

Anonymous said...

ya ALLAH,,,mudah-mudahan ENGKAU mensejahterakan umat Islam di Bumi ini,,,khususnya di bumi kita tercinta INDONESIA,,,,,AMIIIIINN,,

mumut said...

aqu setuju ama anonymous, insya Allah ini bukan penipuan....
Yg aqu tau ini memang bukan dari Ustadz Yusuf Mansyur loh, tapi mengutip di kata2 buku beliau tentang makna sedekah....
Kalo misalnya penipuan, qita pasti mengirim ke 1 nama aja dong, kalo emang dipikir2 scara logis, dari 100 bundle yg kita sebarkan, insya Allah ada beberapa yg ngikut dan nyebarin bundle lagi.... dan seterusnya...
Ini emang sedekah, insya Allah aqu yakin benar... jadi apa salahnya toh? kan niat nya baik.... jgn negative thinking dulu...

Diliat, dicerna baik2....

Anonymous said...

Bener banget mas ikhsan...

PROGRAM INI MONEY GAME!!! Bukankah sedekah itu harusnya buat fakir miskin? Kok sedekah sama orang2 kaya yang bisa buka ATM???

CARA KERJA MONEY GAME KAYAK GINI:
1. Pertama Anda nyumbang ke orang2 yang namanya tertulis disitu.
2. Trus Anda mengganti salah satu nama dari mereka.
3. Anda fotokopi ulang trus bagi ke orang2, misalkan di kabupaten A.
4. Orang2 di kabupaten A nyumbang ke Anda.
5. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana orang di kabupaten A yg sudah anda tipu bisa dapat untung??? Kalo mereka mau ikut nyebarin seperti cara anda di kabupaten A, kan orang2 disana udah nyumbang ke Anda... Intinya, orang2 di kabupaten A udah gak mau nyumbang lagi ke orang yang sudah Anda tipu, itu karena mereka juga minta disumbangin...

JADI, BAGI ANDA YANG IKUT SUDAH MENIPU ORANG2 YANG SUDAH RELA MENYUMBANG KE ANDA, TAPI TAK ADA YANG MAU LAGI MENYUMBANG KE MEREKA...

INI MONEY GAME YANG JELAS2 "HARAM" KARENA MENGANDUNG UNSUR PENIPUAN.

BERSEDEKAHLAH BAGI MEREKA YANG MEMANG KURANG MAMPU, ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN, ORANG2 CACAT, DAN FAKIR MISKIN, MEREKALAH YANG SEBEARNYA BUTUH ULURAN TANGAN...

PENIPUAN ATAS NAMA SEDEKAH INI "TIDAK AKAN BERKAH", SEMAKIN BERLIPAT YANG ANDA TIPU, SEMAKIN BERLIPAT DOSA ANDA!

INGAT!!! RASULULLAH KAYA DENGAN CARA BERDAGANG!!! BELIAU KAYA ATAS JERIH PAYAH DAN KERINGAT!!!

BUKANNYA DUDUK SANTAI SAMBIL NUNGGUIN DUIT NGALIR KE KANTONG...

"CUKUP SELANGKAH BUAT MASUK KE NERAKA, BUTUH PERJUANGAN MENDAPAT SURGA." BEGITUPUN DENGAN REZEKI YANG BERKAH...

Joko said...

Wah ini mah kaya mlm aja, dapat peserta banyak makin banyak yang ngasi duit,makin kaya donk..Mas ihsan semoga pendapat anda bermanfaat bagi orang banyak, semoga terhindar dr hal yang tidak baik & malah merugikan..

Anonymous said...

menurut saya dengan kita ikut program ini berarti kita juga ingin mendapatkan sedekah (uang) secara cuma2..dan yg saya pahami sedekah itu hanya mengharap PAHALA bukan UANG..kalo mau sedekah ya sedekah ajah..that's it.tanpa ikut program ini pun..kita bisa sedekah dan menolong orang yang membutuhkan..dengan banyak cara..bersedekah lah hanya karena Alloh.

wassalam..

Anonymous said...

ALAH WAK..WAK,SEDANGKAN YANG SEDEKAH BISING SAJA KURANG BAIK, APATAH LAGI YANG TIDAK SEDEKAH KOK MALAH BIKIN BISING.......

Anonymous said...

TUHAN AKAN MEMBERI KARENA KITA BERBAGI............
MISKIN BERSABAR, KAYA BERSUKUR, MISKIN BERBAGI PASTI KAYA MENANTI......

Anonymous said...

SEDANGKAN TIDAK BERBUAT SAJA BOLEH BERHARAP, APATAH LAGI YANG NYATA-NYATA SUDAH BERBUAT DENGAN CARI BERBAGI....ITU AJA KOK REPOT AMAT....

Anonymous said...

KOK REPOT AMAT NGURUSI UANG ORANG 80.000,- YANG PUNYA UANG AJA PADA DIAM-DIAM AJE, AMPE PADA CAKAR2AN......KACIAN DECH LOE.....

Anonymous said...

SEMUA YANG IKUT SUDAH DAPAT UNTUNG DAN TAK RUGI, LAH KOK MALAH YANG TAK IKUT MERASA RUGI DAN DI TIPU......PASTI PERASAANNYA YANG SALAH.......SUAI TAK KAWAN?.........AMPUNNNN... DECH

Anonymous said...

saya rasa KITA perlu teliti kembali. saya bisa:
1. Sistem sedekah ini adalah SEDEKAH BERANTAI artinya jika kita ingin mengikuti program ini kita hanya perlu sedekah ke 4 orang tanpa melihat status dan siapa mereka. lalu ketika kita memasukkan nama kita, berarti kita hanya menawarkan orang lain juga untuk saling bersedekah.
2. orang yang berada di nomor pertama akan kita buang, itu berarti memang sistem sedekah ini TIDAK menguntungkan pribadi siapapun. sebab tidak bermuara kepada satu pihak. justru ini membuktikan bahwa ini BUKAN PENIPUAN. jika nama anda telah disedekahkan oleh orang selanjutnya sebanyak 4 kali juga nama anda akan dihilangkan.. jadi di mana penipuannya???
3. kalau anda katakan: kenapa sedekah harus pake syarat segala, maka saya katakan: ini hanya sekedar PROGRAM, sehingga sangat wajar jika diatur dengan syarat-syarat tersebut dengan tujuan yang baik.
4. jika ada yang mengatakan: “sedekah ini berbau riya karena kita harus menempelkan bukti sedekah kita”. maka kita perlu ketahui bahwa riya adalah masalah hati yang tidak diketahui kecuali Allah. dan bukti transfer tersebut hanya untuk menjaga keotentikan syarat program ini. Dalilnya bahwa Rasulullah saw pernah memuji seseorang yang bersedekah dengan terang-terangan karena memancing orang lain untuk bersedekah. bahkan orang-orang munafiqlah yang menuduh lelaki yang bersedekah tersebut dengan tuduhan riya.
5. jika ada yang mengatakan: “kita mestinya mengharap ridho Allah dalam bersedekah, bukan keuntungan duniawi”. maka kita perlu tahu bahwa program sedekah ini juga mengharapkan balasan dari Allah, sebab setelah kita sebarkan surat sedekah ini, kita tinggal bertawakkal kepada Allah sepenuhnya. karena hanya Allah yang menggerakkkan hati pembaca, apakah ia mau ikut program ini atau tidak. adapun mengharapkan keuntungan duniawi, maka hal itu diperbolehkan dalam agama. sebab Allah dan Rasul-Nya sendiri yang memotivasi kita untuk sedekah dan menjanjikan keuntungan yang berkali-lipat. jika memang tidak diperbolehkan untuk mengharapkan hal itu, untuk apa Allah janjikan dengan janji-janji seperti itu??? yang tidak boleh jika kita HANYA berharap balasan duniawi SAJA, tapi jika kita mengharapkan balasan dunia-Akhirat, hal itu sah saja…
6. jika memang program sedekah ini bukan dari Ust. Yusuf Manshur, saya rasa tidak ada masalah selama sistem program ini baik dan TIDAK ADA KEHARAMANNYA.
7. sedangkan masalah keuntungan yang menurut kita tidak mungkin, tapi menurut ALLAH semua hal adalah MUNGKIN. karena kita tidak berharap pada balasan makhluk yang faqir dan miskin, tapi kita berharap balasan ALLAH yang maha kaya dan kuasa.
8. dan perlu diingat bahwa ini BUKAN MLM. sebab kita tidak perlu jual barang, dan TIDAK ADA PEMAKSAAN sama sekali. namun saya harap tidak perlu mencegah orang-orang yang ikut dalam program ini.

maka sekarang saya meminta kepada penulis artikel di atas untuk MEMBENARKAN dan MENINJAU apa yang telah saya paparkan…
saya adalah salah satu pengajar ilmu syariah jadi saya pun meneliti dan menkaji terlebih dahulu program ini…
terima kasih dan mhon maaf

Anonymous said...

KALAU ADA ORANG YANG TERTIPU DAN MERUGI TOLONG DONG DITUNJUKIN BATANG HIDUNGNYA....YANG UNTUNGKAN UDAH TESTIMONI........

Anonymous said...

KETIKA SEDEKAH SAJA DILARANG PAMER, INI KOK MALAH PAMER MELARANG ORANG SEDEKAH......EMANG DAJJAL.......

Anonymous said...

YANG IKUT SUDAH PULANG BAWA UNTUNG BESAR, EH MALAH YANG TAK BERANGKAT MERASA DITIPU DAN RUGI...EMANG ANEH YA DUNIA INI......

Anonymous said...

JANGAN TUNGGU KAYA BARU SEDEKAH, TAPI BERSEDEKALAH MAKA ANDA AKAN JADI KAYA... PASTI LOH MAS...HE.HE.HE.HE

Sumarhadi said...

Saudaraku yang baik, bisa dibaca juga….

Catatan Kertas Buram Program Investasi Sedekah | The Miracle Of …11 Jan 2013 … Saya hanya ingin menambahkan sebuah catatan kecil di atas kertas buram tentang sebuah program investasi yang berbasis sedekah, yang …karwapi.wordpress.com/2013/01/11/catatan-kertas-buram-program-investasi-sedekah-the-miracle-of-giving/

14 jam yang lalu … Maha Karya di Bidang Investasi Yang Belum ada Tandingannya (solusi tepat menyelesakan masalah ekonomi dan finansial lewat Program …
ekonomi.kompasiana.com/…/maha-karya-di-bidang-investasi-yang-belum- ada-tandingannya-solusi-tepat-menyelesakan-masalah-ekonomi-dan-finansi…

Pengakuan Team Ustad Mansur, IVESTASI SEDEKAH SEBUAH …
21 jam yang lalu … Saye akan coba teruskan pengakuan yang tulus dan jujur dari “Team Program Keajaiban Sedekah Ustadz Yusuf Mansyur Memohon Dengan …ekonomi.kompasiana.com/…/pengakuan-team-ustad-mansur-ivestasi-sedekah -sebuah-mukzizat-dan-maha-karya-besar-543342.html

terimaksih saudaraku….

Anonymous said...

Amien.....Ya Allah semua orang sudah menyadari kalau program ini sebuah MUKJIZAT dari MU, maka ampunilah hambamu yang telah salah menilai selama ini.......amien..

Anonymous said...

Amien.....Ya Allah semua orang sudah menyadari kalau program ini sebuah MUKJIZAT dari MU, maka ampunilah hambamu yang telah salah menilai selama ini.......amien..

anonymous said...

kalau itu bukan program sedekah om, tapi minta minta :D

Anonymous said...

asline ikhsan yo wis ikut ni program,tp gara2 frustrasi gak ada yg masukke,trus ngjelek2in...ngaku wae san..mulane jal usaha keras biar ada yg masukke ke rek km. koment terakhirai,komen stelah ini komen dinyatakan tdk terpakai n tidak sah alias BATAAAAAAALLLLL

galih triano said...

bego loe ikhsan... tolol....

galih triano said...

kaya gitu ja repot...... bilng ja klo loe gak pernah iklas dlm bersedekah,,,, ingetin gw ,,, gw orang solo,,, emng gw ga pernah nyoba ,, tapi gw dah baca,,,, inti dari prograng itu cuman saling berbagi coi,,,, dasar anjing kaya gitu ja jadi masalah,,,, otak dipakai,, jngn kikir dan pelit,, bego amat setan alas loe,,,

galih triano said...

mudah2han yg kikir sadar,,,yg pelit inget,,, kita hidup saling berbagi,,, terserah mreka bkin program yg penting kita hnya ngliat,, dan berdoa,, rejeki dah diatur sama alloh,,, asal kita kerja keras mencarinya.,.. saudara ikhsan,, dengerin yaa,, jgn pake dengkol klo mikir,,, ohya ingetin nama gw,, gw galih anak solo jebolan akademi teknik warga,, ngertozzz /ngerti klo bahasa jawanya,,, jngn bego ..ok

galih triano said...

malez,, ikutan berdebat,,, ga ada gunanya,,,

Anonymous said...

Kenapa harus membela mati2an program ini? Kenapa tidak membicarakan sedekah yang langsung dan jelas juntrungannya? Ada sesuatukah? *cara bicaramu adalah cermin tabiatmu.

Hadey said...

Yg bikin blok ini benar2 sempit pemikiran.nya. Sudahlah kwan semua tergantung dari niat.
Satu hal lg pertolongan allah itu gk slalu bisa di cerna sm otak km. Dan trahir gaya bicaramu tdk baik,.

Anonymous said...

yang jeelas kalau cuma mikir cetek program ini seakan2 baik... tapi setelah saya renungkan,secara tidak langsung yang ikut program ini memposisikan dirinya menjdi orang yang minta di sedekahi...hmmmmmmm gak spert itu gan... emang Allah akan melipatgandakan balasan buat orang yg bersedekah, tapi klo sya mah harga diri masih kujunjung tinggi... mending beramal 100rb di masjid, trus berdoa smoga dibales 700 x lipat, tp qt tetep bekerja wajar, ataw berdaganglah... hahahaa

Anonymous said...

Sudah sudah kawan,antum ga liat yang bikin program munafik ini udah sampe marah2 di komentar...mpe maki2 dgn kata2 setan,naudzubillah. Mari bersedekah!
Di manapun kita berada
di masjid,duafa,fakir miskin,di ATM dompet DHUAFA dll :))

Anonymous said...

http://firmanahmad.wordpress.com/2011/12/19/program-sedekah-yang-menggiurkan/

dijelaskan, peluang untuk mendapatkan 0 alias buntung adalah 95%. sungguh bodoh yang ikut program sedekah seperti ini, dan mengharapkan uang kembali lebih besar.

Anonymous said...

Assalammualaikum WR WB,
ikut nimbrung gan,
males juga sih debat,
pernah denger ada hadist yang mengatakan orang-orang yang merugi di hari akhir nanti yaitu sesama muslim yang saling berdebat tentang agama.

pernah baca juga kalimat kunfayakun, kalo Alloh rhido, orang miskin bisa jadi orang kaya knapa engga? caranya darimana saja yang tidak disangka sangka.

saya diceritakan sama yg udah pernah umrah, apa Anda pernah sedekah di negara arab saudi sana? jangan kaget kalo pengemis disana jika dikasih uang nilainya sedikit dibuang sama mereka, anda pasti kesal dong, disinilah kita sadar, sedekahkan lah harta kita yang baik (nilainya besar), bukan harta kita yang buruk (recehan),

maaf bukan flamming ya, hanya berpendapat

Anonymous said...

saya pernah mbaca, ingin miliki, lalu ikut dalam program. tapi setelah saya baca semua ini, saya jadi bingung. saya IKLAS kalo untuk nyumbang 20 ribu ke 4 nomer rekening.tapi kalo setelah itu saya potokopi, dan menyebarkanNYa, dan berharap jadi kaya,apa IKLAS saya masih utuh?

Octa Rendra said...

Menurut saya model seperti ini sudah banyak sekali, dulunya dinamakan Arisan Berantai

Anonymous said...

Sing percoyo program "sedekah yusuf mansur kw" alias abal-abal kui pekok nganggo banget. Kucluk dipelihara...ckck...

Aq dah konfirm ke ustadz yusuf mansur, beliau bilang kalo itu penipuan...alias apus-apus...

Mudeng rung kok...pekok...?

Anonymous said...

Pekok kapusan kiy...wkwk...


Kapusan koq bangga...kucluuukk...

Anonymous said...

Waadduuuhhh..pekok koq bawa2 nama solo, ga terima gue. Aq asli cah solo, tp ra pekok kebangeten koyo kowe cluk...kucluk...

Anonymous said...

kbetulan bru nemu nih brosur, klo mikirin duit dgn keluar 80 ribu + photo copy,,, dpat untung besar,, wadeuhhh... gk mendidik banget,,, mending angkat bakul dipasar jadi kuli dpt dari hasil keringat... lebih terasa berkahnya biar sedikit, daripada banyak tp modusnya kaya begini,,, oalaaaah kembali ke pola pikir masing masing,,, rezeki utamanya berkah..
by RHaer

Anonymous said...

halal apa ngga ya masalahnya nanti yg paling bawah tidak dpt sedekah nya lagi sebetulnya saya tertarik dengan program ini

Anonymous said...

Sedekah mengandung keikhlasan tanpa ada embel-embel maupun iming2 dari sedekah tersebut, kalau Alloh mau melipat gandakan sedekah kita itu urusan Alloh dan kita tidak tau kapan, bukan di program atau terprogram seperti arisan berantai tersebut.Saudara ku, Pejamkan mata ikhlaskan sedekah tanpa mengetahuinya lagi, tangan kiri tidak tau apa yg diperbuat oleh tangan kanan dalam bersedekah

Anonymous said...

Seharusnya ustz Yusuf Mansyr, memberi komentar masalah ini, karena ini tidak mendatangkan keuntungan bagi nama beliau, malah sebaliknya, bisa saja nama beliau justru jelek dengan adanya program ayooo bersedekah secara program ini.sebab sedekah itu ikhlas broo, tanpa paksaan dan tanpa perintah, melainkan sudah kewajiban seorang muslim yang sadar.

Agung Nugroho said...

aku setuju banget sama mas ikhsan :D
itu bukan sedekah, kayak MLM gt kayak arisan berantai

Muslimin said...

Sepaham sama mas ikhsan... Smoga blog ini dibaca Smua umat manusia agar tidak salah langkah dan dpt terhindar dari dosa. Aminnn...

Muslimin said...

Sepaham sama mas ikhsan... Smoga blog ini dibaca Smua umat manusia agar tidak salah langkah dan dpt terhindar dari dosa. Aminnn...

Anonymous said...

...begok tuh si ikshan...sedekah sama orang kaya juga boleh kok...karena orang kaya banyak yang ngutang...yang penting udah dapat duit dan bisa membantu orang lain...jadilah kere abadi dan miskin permanen,kalo gak mau sedekah...lupakan aja brosur itu mas iksan...ribet amat lo ngurusinnya...

faren jiddan said...

subhanallohhh semoga Alloh menuntun kita ke jalan yang benar dan bertobat kepada Alloh,

mari kita petik sebuah pelajaran dari kisah sahabat rasululloh s.a.w

Suatu hari Amirul Mukminin Umar bin Khaththab r.a. dikirimi harta yang banyak. Beliau memanggil salah seorang pembatu yang berada di dekatnya. "Ambillah harta ini dan pergilah ke rumah Abu Ubaidah bin Jarrah, lalu berikan uang tersebut. Setelah itu berhentilah sesaat di rumahnya untuk melihat apa yang ia lakukan dengan harta tersebut," begitu perintah Umar kepadanya.

Rupanya Umar ingin melihat bagaimana Abu Ubaidah menggunakan hartanya. Ketika pembantu Umar sampai di rumah Abu Ubadah, ia berkata, "Amirul Mukminin mengirimkan harta ini untuk Anda, dan beliau juga berpesan kepada Anda, ‘Silakan pergunakan harta ini untuk memenuhi kebutuhan hidup apa saja yang Anda kehendaki'."

Abu Ubaidah berkata, "Semoga Allah mengaruniainya keselamatan dan kasih sayang. Semoga Allah membalasnya dengan pahala yang berlipat." Kemudian ia berdiri dan memanggil hamba sahaya wanitanya. "Kemarilah. Bantu aku membagi-bagikan harta ini!." Lalu mereka mulai membagi-bagikan harta pemberian Umar itu kepada para fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan dari kaum muslimin, sampai seluruh harta itu habis disedekahkan.

Pembantu Umar pun kembali pulang. Umar lalu memberinya uang sebesar empat ratus dirham seraya berkata, "Berikan harta ini kepada Muadz bin Jabal!" Umar ingin melihat apa yang dilakukan Muadz dengan harta itu. Maka, berangkatlah si pembantu menuju rumah Muadz bin Jabal dan berhenti sesaat di rumahnya untuk melihat apa yang dilakukan Muadz terhadap harta tersebut.

Muadz memanggil hamba sahayanya. "Kemarilah, bantu aku membagi-bagikan harta ini!" Lalu Muadz pun membagi-bagikan hartanya kepada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan dari kalangan kaum muslimin hingga harta itu habis sama sekali di bagi-bagikan. Ketika itu istri Muadz melihat dari dalam rumah, lalu berkata, "Demi Allah, aku juga miskin." Muadz berkata, "Ambillah dua dirham saja."

Pembantu Umar pun pulang. Untuk ketiga kalinya Umar memberi empat ribu dirham, lalu berkata, "Pergilah ke tempat Saad bin Abi Waqqash!" Ternyata Saad pun melakukan apa yang dilakukan oleh dua sahabat sebelumnya. Pulanglah sang pembantu kepada Umar. Kemudian Umar menangis dan berkata, "Alhamdulillah, segala puji syukur bagi Allah."

***

Subhanallah.....

Begitu mudahnya mereka melepaskan harta yang dimiliki untuk dibelanjakan di jalan Allah SWT. Tidak sedikit pun para sahabat ini mementingkan kehidupan dunia mereka. Justru sebaliknya, mereka seperti berlomba-lomba menyedekahkan hartanya untuk mencari kehidupan yang lebih baik di akhirat kelak.

Mampukah (atau lebih tepatnya MAUKAH) kita meneladani apa yang dilakukan oleh para sahabat Rasulullah saw diatas? Semoga saja..... Wallahu a'lam.

faren jiddan said...
This comment has been removed by the author.
Ari Fin said...

memang benar dari dulu sampai hari kiamatpun dajjal dan malaikat ngak bakalan perna bersatu saya belun tau pasti kebenaran dalam program ini dan saya juga belum tau pasti kebenaran dari pendapat ikhsan.
kalau boleh saya menghimbau kepada saudara saudaraku mendingan 1 kali mencoba dari pada 1000 kali mendengar,kita bersedekah datangya dari hati bukan dari mulut.jadi ikutin saja apa kata hatimu.



wessallam....


Deday king said...

gw dapet ni,dan gw pikir ni untuk menghancurkan akhlak dan islam,dan menjelekan nama ust yusuf mansur
maklum islam kan mau di hancurkan,

dari orangnya dulu biar bisa ancur agama islam

Ryan Sani said...

sedekah itu 10 - 1 = 19
anggap aja kita sedekah 20.000 ke 4 orang.
sedekah kita jadi 80.000 tu. sebenarnya kalau pake rekening atau melalui bank, bisa pake bank apa aja, yang penting sedekahnya sampai tujuan.
nah yang islam pasti tau kalau sedekah itu di balas 10 kali lipat sama ALLAH, kalau 80.000 X 10 = 800.000
nah, sejauh ini masi wajar aja kan.
kalau saya perhatikan, dalam artikelnya, uangnya dikirim/disedekahkan ke nomor rekening yang suda ada dan jelas tidak kita kenal, gak ada masalahkan, namanya aja sedekah. menurut saya masi wajar.
setelah itu kita memberi kesempatan untuk saudara yang lain untuk ikut bersedekah dengan membagikan copy an nya, nah pahalahnya tambah banyak tuh, kita memberi orang kesempatan bersedekah. menurut saya masi wajar.
sekarang kita suda bersedekah dan memberi kesempatan saudara kita yang lain untuk bersedekah, sekarang kita tinggal menunggu balasan sedekah kita dari ALLAH. yakinlah balasan sedekah itu 10 kali lipat. 800.000 suda pasti kita dapatkan tuh, kalau ada lebihnya itu karna kita suda bersedekah saat memperbanyak copy an nya. dan akan lebih banyak lagi tambahan dari ALLAH saat kita memberi kesempatan untuk saudara kita brsedekah, dan saat saudara yang kita beri kesempatan untuk menikmati sedekha dan manfaatnya dia melakukan hal yang sama dengan apa yang kita lakukan untuknya, pahalah sedekah kita menjadi tambah tambah lagi dan terus bertambah. begitu kira-kira amalan sedekah yang membuat uang dalam rekening saudara2 yang mengikuti program sedekah itu bertambah dalam jumlah yang tidak terfikirkan karna ALLAH telah menepati janjinya tentang sedekah. dan tentunya dengan sabar dan ikhlas karna ALLAH.

Tini said...

Assalamu alaikum, wr.wb

Sabar ya Mas Ikhsan. Ini Bagian perjuangan anda syiar Islam, hanya kita harus makin-hati-hati, karena memang mendekati akhir jaman, banyak perbuatan dosa yang berselubung "bercover" amalan surgawi.
Sebaiknya kita selalu menahan diri, seperti Teladan Rasulullah yang menahan diri untuk tidak berbicara memojokkan sesuatu. Yang Akhirnya jika kita memojokkan / mendiskreditkan sesuatu yang kita harapkan adalah kesadaran namun yang muncul adalah ketersinggungan dan berakibat hanya debat kusir. Pembahasan sebaiknya umum, bisa dengan pengandaian tapi mengena. Tehnik komunikasi yang diajarkan pula melalui Firman-Firman Allah dalam Al-Qur'an. Anda mungkin bisa sedikit edit tulisan anda, dengan tujuan sama. Yang jelas Islam sudah sempurna, sejak turun ayat terakhir. Sempurna artinya sudah jelas Baik dan Buruknya, tidak ada yang diperdebatkan. Makna Sedekah pun sudah jelas, memberi kepada yang lebih miskin dari kita, artinya kita harus pastikan siapa yang diberi, dan harus ikhlas, tak ada harap untuk kembali. Sama seperti Hukum Jual beli, harus jelas ada Penjual, Pembeli, Uang barang dan AKAD. Jika salah satu tidak ada, berarti tidak sah jual beli itu. Sekarang dengan metode sedekah yang banyak beredar di masyarakat kita, apakah sudah memenuhi syarat? Apakah kita sudah pastikan siapa yang kita beri? Sedangkan Sedekah yang utama juga justru pada keluarga dan karib kerabat yang kita harus bisa pastikan keadaannya. Sedekah bisa berupa harta, ilmu, tenaga. Semoga bermanfaat. Semoga niat kita semua yang menulis dan mengkomentari tulisan mas Ikhsan sama, tulus menegakkan syiar Islam untuk mendapat ridho Allah. Wassalam, Tini

Annisa Fitriani said...

masyaa Allaah.. postingan ini ramai banget ya ^^
mau sedekah aja kok ribet banget..? :) padahal nggak ada kesulitan dalam beragama islam lhoh..

saya menangkap beberapa poin lucu di atas, maafkan saya jika ada yang tidak berkenan, karna ini juga hanya opini PRIBADI ^^

1. Setiap orang punya kebebasan untuk memilih dan berpendapat kan? Lalu kenapa postingan yang murni hanya opini pribadi ini jadi membuat marah suatu pihak atau oknum tertentu?

Sebagaimana nggak ada paksaan dalam berpendapat, begitu juga dengan beribadah, nggak ada paksaan sama sekali tentang ibadah kita..

Bahkan Al Qur'an pun nggak memaksa orang untuk beragama Islam kan? Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku :)
Jadi bebas dong orang mau bersedekah lewat jalur yang mana?
Yang penting kan tersalurkan ke orang yang benar-benar berhak ^^

2. Itu yang bikin programnya itu (ataupun yang ikut programnya itu) juga masih beragama Islam kan ya? ^^ sesama muslim kok malah saling menjelekkan? ^^

Rasulullah saja sudah memerintahkan kita; kalau nggak bisa berkata baik, ya diam lah.. apalagi kepada sesama saudara muslimnya..
Smoga lisan-lisan kita terselamatkan dari azab Allah ya.. ^^

3. Allah itu selalu membalas amalan seseorang sesuai dengan niatnya.. Jadi niat di sini benar-benar memegang peranan yang sangaat penting, innama a'malu binniyat..

Mungkin yang ditakutkan oleh mas Ikhsan, dan beberapa orang lain, yang tidak menyetujui program ini adalah karena dengan program seperti ini secara tidak sadar kita akan lebih fokus memikirkan/menghitung tentang *berapa sih uang yang akan kita dapat dari uang yang sudah kita sedekahkan*..

Padahal tujuan kita bersedekah seharusnya bukan itu kan? ^^

Kita bersedekah kan karena menyiapkan tabungan sebanyak-banyaknya untuk bekal kita di akhirat besok kan?

Takutnya, ketika kita hanya fokus pada hitung-hitungan sedekah semacam ini, maka Allah kelak hanya akan memberi kita limpahan harta duniawi, tapi Allah nggak memberi kita sepeser pun bekal untuk di akhirat.. mungkin.. ^^

Wallahua'lam bishawab,,
mari budayakan saling berkasih sayang sesama saudara muslim ya.. ^^

kalau muslim saja terpecah, bagaimana mungkin kita bisa mengalahkan musuh Allah yang lebih besar? :)

Ikhsan Permadi said...

banyak juga ya yang comment? udah lama nggak ke sini, kalo bukan diingetin sama sahabat lagi ada rame2 di sini aku juga nggak akan nengok ke blog, udah males ngeblog,,

oiya, aku lupa akun sama password blog, jadi komen pake akun ini wae yo

1. Sebelumnya, buat yang asal komen tanpa baca sampe akhir, hedeh
nih, aku verifikasi ulang, di sini aku nggak pernah nuduh ustadz yang bersangkutan, silahkan baca bagian kesimpulan nomer.2 (nama beliau hanya disalahgunakan)

dan ternyata terbukti kan, udah disangkal sama beliau, tuh ada yang ngasih linknya

2. nggak perlu mempermalukan diri sendiri dengan kalimat yang tidak pantas, kau itu apa yang kau ucapkan

so, aku rasa kasus ini udah ditutup dengan sangkalan oleh beliau bahwa ini emang bukan program beliau

jadi, buat kau yang terguncang oleh artikel ini, atau jadi sedikit yang ngirim ke rekening ente sementara ente duduk2 di rumah, silahkan aja kalo mau berbuat sia-sia dengan komen ngaco di bawah.

buat yang merasa masih banyak hal pribadi dan umat yang masih perlu diurus dibanding hal kecil ini dan menghindari perdebatan, Anda cerdas

thanks
wassalamu'alaykum

Yayang Indra Yunus said...

terima kasih ikhsan permadi, hampir saja saya terjerumus ... memang setelah saya amati dan ini menurut saya ini memang penipuan,

semoga bangsa kita segera disembuhkan dari penyakit ingin cepat kaya mendadak tanpa kerja keras.

Anonymous said...

Demi Allah..Mf sebelumnya untuk semuanya,ini kisah nyata saya..awalnya saya juga ragu mendapatkan brosur ini tapi berkenaan dengan adanya sesuatu yg tak bisa saya hindarkan yaitu pelunasan hutang yg sudah lama belom terbayar sebesar 6 juta dan org tersebut hanya memberikan waktu 1 bulan kepada saya.Dan jika tidak segera dilunasi maka org tersebut akan bertindak jelek terhadap keluarga saya.Jika saya meminjam kepada org sebesar 6 juta pasti mereka tak akan mau memberi karena hal itu sudah pernah saya lakukan. Dan Demi untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga serta belas kasihan untuk anak2 dan istri saya,saya pun membaca program tersebut dengan cermat ternyata tak ada yg dirugikan begitu pula saat ini saya mash bekerja dan tak malas2an.Jadi saya ikut program ini disamping membantu org diatas saya yg senasib juga karena saya saat ini sdg dililit hutang dngn harapan ada sesama muslim yg membantu permasalahan saya.Jika memang dari saudara yg berkeinginan membantu melunasi hutang saya,saya SANGAT BERSYUKUR SEKALI. Dan anda pasti tau hakekatnya org yg membantu org dlm melunasi hutang DIAKHERAT NANTI.

Anonymous said...

DEMI ALLAH...kisah diatas bukan rekayasa dan tidak saya buat2...dan saat ini saya masih dalam kebingungan untuk mencari uang sebesar 6 juta tersebut....

ADAKAH DARI PARA SAUDARA SEMUSLIM YANG MEMPUNYAI SOLUSI,,,,,
DAN SEBAIKNYA ANDA SEMUA TAK USAH MERIBUTKAN HAL TERSEBUT TPI AMBILLAH LANGKAH YG BIJAKSANA BAGAIMANA BISA MENYELESAIKAN MASALAH YG SENADA DENGAN SAYA DIMANA SAYA CUMAN DIKASIH WAKTU 1 BULAN UNTUK MELUNASI HUTANG2 TERSEBUT....
GUNAKANLAH PIKIRAN DAN HATI DALAM MENGAMBIL LANGKAH BIJAK INI......

dhayat coffelate said...

ikhsan coba hitung sendiri dech
klw emang ngak percya berarti ikhsan N tmn2 yg belain ikhsan nda pernah lulus Sekolah dasar donk cz ngak bisa ngitung sich
klw emang ngak percaya nda ush sok tau bilang investasi itu nipu
intinya diam aja dari pada seperti ngefitnah jadinya
allah murka loch sama orang yg suka fitnah ikhsan smoga otakmu terbuka N diberi hidayah ma allah amin
z bilang karena z dulu orang susah tp alhamdulillah z sekarang bisa menafkahi 1000 anak yatim karena z mengikuti investasi itu
klw ihklas pasti allah akan meridoi usaha kita

anwar S said...

tidak setuju ama ikhsa

Sakri said...

tdk usah berdebat yg jalankan monggo yg tdk juga monggo , q pribadi jalankan tp diam aja..... tp setelah q amati yg jalankan kebanyakan dia yg punya masalah dengan keuangan.....misalnya hutang....jadi utk mas ikhsan belum pernah ngalami hutang banyak dan dijauhi saudara dan sekelilingnya apa nunggun mas ikhsan kena masalah keuangan nt kan dia akan mikir dengan brosur itu dan jika dia mau jalankan betapa dasyatnya akibatnya bis jadi OKB ( orang kaya baru ) dan perassaane akan lihat senang ajika orang lain jg senang.....

budi said...

q pernah berpikir gini jika saya semua rakyat indonesia mau menjalankan brosur tersebut tanpa terkeculai termasuk para menteri hanya dengan 80 Rb plus fotokopi dan itu wajib semua orang. maka rakyat indonesia akan terbebas dari jerat hutang , makmur dan mempunyai jiwa sedekah yg tinggi.....intinya satu orang jalankan semua akan terkena jadi disini tdk ada yg di rugikan ........paham dengan kata kataku mas ikhsan...... jadi hilangkan pelitmuuuuu..... pikrkn lagi 80 rb jika hilang kan tdk banyak... jk hasil akan merubah nasibmuuuuu panjenengan akan di puji oleh tetanggga , trus tetangga di ajak tetangga hasil panjenengan lebih hasil lagi tp ya itu harus iklhas ...ma af ms ikhsan.....

joko Krd said...

buat Prof. Dr. Ikhsan yang kuliah di UGM mungkin q mengagumi analisamu tp jiwa ikhlas itu tdk kudu berpendidikan tinggi tdk butuh orang kaya tp jiwa sosial dan ikut mersakan penderitaan oran lain maka rasa ikhlas akan muncull... yang menjalankan brosur itu adalah kebanyakan orang miskin dan banyak yg hasil q sendiri dan kawanku kehidpan kami telilit hutang ...... daripada mencari pesugihan..... hanya dengan 80 rb resiko kecil.... semua akan merasakan keuntungan......jadi mas ikhsan berhubung kepandaien jd sok tahuuuuu

agus said...

q saja orang katholik ikut dan percaya dengan program itu dan terbukti program itu bkan tipuan....a buktine yg penting iklhsan bantu orang tdk usah berpikir untung yen hasil syukur yen tdk yo gpp itung itung membantu oranggggggg......betulkan mas ikhsan yg pandai.......

anto wijaya said...

q punya teori gini uang 80 rb jika kita simpan saja di almari atau di bawah bantal didiamkan sebulan dua bulan trus kita lihat setelah itu apa yag terjadi dengan uang itu mas ikhsan.... ? uang itu akan tetap jumlahnya jadi 80 rb bahkan akan sobek dimakan kecoa . Tp jika uang itu kita jalankan dengan sesuai brosur ini maka sebulan akan bertambah bertambah bertambah dan bertambah..... q sendiri dan praktek......kawankuy banyak yg ikut toh 80 rb........senilai uang makan 4 orang.....gimana mas ikhsan..... ikut gak apa mas ikhsan takut kaya.....seperti temanku itu tak aja katanta Dia Takut kaya yo wis jadi miskin aja.....selaanya.......... .

diro said...

siapa yg bilang itu palsu dan penipuan......... yg blng gt jika dia pakai peci atau topi coba disuruh buka pasti puserranbutnya ( unyeng-unyeng kata orang jawa ) pasti ada 4, artinya jika puserrambut lebih dr satu maka dia akan memiliki rasama pelittttttttttttttttttttttttttttt bngt.....

bandi said...

CARA CEPAT AGAR BISA MELUNASI HUTANG ADALAH DENGAN JALAN MENJALANKAN PROGRAM INI..... DAH BANYAK YG BUKTIKAN...........80 rb tokkkk........ hasil melimpah......

wati said...

selamat bergabung yakinlah anda akan mendapatkan lebih jangan hiraukan mas ikhsannnn

widi said...

brosur asli atau tdk itu tdk penting toh isi sama cara sama tdk rugikan orang malah sebaliknya nbikin semua orang kaya........ yen ngikuti kata kata ikhsan bakal tdk kaya...... benar.....percayalah....

ujang said...

mas ikhsan permadi yang pandai soale q yakin dirimu pasti kuliah di UGM salah satu universitas yg favorit, coba panjenengan coba aja daripada uang di simpan di leari 80 rb jadi busukkkkkk di makan kecoa atau jumlahe tetep 80 rb kan mencoba ikuti q , wong q aja bakul kredit panci naik sepeda ontel aja berani dan akhirnya hasil sekarang q bisa beli vega . Sambil nariki kredit sambil nyebar ....... iklash eeeeeeeee rekening bengkakkkkk mas ikhsan dak kepengen ya....... cuma duduk duduk dapat uang...... dan yg ngirimi akan dpt uang dari lainnya...coba dulu aja.....nt gelo lhooooo...maksih

adi said...

Bangsa Indonesia dulu terkenal dengan sebutan agraris pelautnya hebat..... tp sekarang bangsa indonesia menjadi bangsa korupsi dan penghutang....soale hampir semua raknya indonesia punyaa hutang sing kaya yoo hutange besar sing miskin yo hutange kecil alias hutang ama plecittttt kata orang jawa..... dengan jalankan program ini dantanpa meninggalkan pekerjaannya mudah mudahan rakyat indonesia menjadi rakyat yang makmur, tdk berhutang dan suka bersedekah cuma 80 rb.....pieeeeee analisa aja mas ikhsan..... dari pada ikut MLM atau laine sing katane menjanjikan ini itu bahkan ada yg memakai mobil jaguar BMW dll hasile UGD ( utang gadai Dol atau hutang gadai jual ) ........coba ini resiko kecilllll

janwar.... said...

pemerintah aja tidak bisa mengentaskan kemiskinan bisane mung naikkan BBM apalagi dosen......oponeh mahasiswa......rakyat ini butuh kemakmuran.....brow..... wong jika brosur sedekah itu berjalan sempurna 100 bendel murni dijalakna seluruh rakyat indonesia hasile 3 milyar browwwwwwwwww jika 2 % nya 30 jt brow,....... gitu kok dianggap penipuan jangan jangan ms ikhsan gagal atau pelitttttt ........ pengen hasil tp gak mau modalllll....

keisya said...

10 - 1 jawabnya berapa pasti 9 , padahal dalam islam 10 - 1 = bisa 9 , 10 , 20 , 5 jt atau lebih....itulah teori sedekah..... jadi kita buang 80 seperti yg ada di brosur itu maka kita akan mendaptakan lebihhhh percayacalahah.......itu hanya ujian ntuk kita sebetulnya kita itu pelit atau tdkkkk......

Ikksan XXXXXXXXXXXXXX said...

namaku juga Iksan tapi bukan pakai permadi , Q IKSAN PURWADININGHARJODAKSINO..... Q termsduk orang yg iikut atau menjalankan brosur itu sing penting yakin, iklhsan dan jujur , tidak seperti bang ikhsan Permadi tidak yakin, tidak iklas dan malah membuat masalah dengan mengatakan itu tiupuan..... padahan mas ikhsan orang pandai kuliah di UGM katane S2 atau S3 ya..... berarti orang pandai atau orang kaya itu beum tentu iklas....orang iklas itu adalah orang yg bisa merasakan penderitaaan orang lain....dan mau memberi uluran tangan........ehh terlalu

ekon p said...

sing tdk percaya..... tidak mau kaya......

Roma Al Hijriah said...

siapa yang di tipu,.... siapa yang nipu,.. siapa yang membuat selebaran ini pertama kali,... gak ada yang tau,... toh cuma 4 level, setelah itu hilang namanya dari brosur,... dijelaskan sudah " jika tidak berkenan tolong berikan elebaran ini kepada orang lain siapa tahu berkenan,...". berdoa dan berusaha, kita berusaha memfotocopy dan menyebarkan, bersedekah atau membantu orang lain yang tidak kita kenal, dan kemudian bedoa, jika itu rejeki kita maka aan ada juga yang membantu kita, dan jika itu bukan rejeki kita maka kita pun tidak akan mendapat transferan dari orang lain, dan ikhlaskan saja karena niat kita awal adalah membantu. carilah ilmu smapai ke negeri cina, carilah harta untuk kemuliaan hidup, jika kita mendapat harta dan uang dari program ini ( sedekah ) diharapkan nantinya harta itu akan juga bermanfaat bagi orang lain, atau kita akan menyedekahkan lagi buat orang lain, karena kita bersyukur menapatkan rejei dari sedekah juga. AMIN.

yanto said...

q sependapat dengan mas roma............. setuju ataupun tidak brosur itu tetap jalan..... sebetule brosur itu sudah lama berjalan kira kira tahun 2000 tapi toh tetep banyak orang yg mau dan q yakin dia yg mau jalankan psti tetep hasil sing penting iklas toh 80 rb lha yen sekiranya modalnya jutaan baru kita berpikir..... jadi jika kita ingin jalankan silahkan kaualupun tidak merasa ini penipuan yo monggo tp ingat bagi anda yg tdk percaya suatu saat nt kawanku dekat ataupun saudaramu ataupun mungkin istrimu diam diam menjalankan tanpa sepengetahuanmu dan ternyata hasil anda akan kecewa dewe dulu jelek jelekein tp akhirnya malu dewe ingat itu......... dunia ini penuh kemungkinan apalagi bagimorang iklas mau membantu sesama Allah pasti memberi jalan rejeki yg tak terduga duga...... siapa memberi pasti menerima dan yg diterima pasti lebih dari apa yang ia beri itu sudah janji Allah...... semoga kita tergolong orang yg suka memberi walaupun kita dala kesusahan kita tetap memberi semampu kita.....

waluya said...

Silahkan aja MAS IKSAN PERMADI buat blok yang isine jelek jekin brosur sedekah ini yg besar sekalian BELI Acseen sekalian atau masuk YOUTUBE sekalian bila perlu buat iklan di semua tv swasta ataupun dinia sekalian ….. yang namanya hal yang baik pasti tetep berjalan biarpun banyak halangannya . Tapi yang akhirnya akan membawa untung yg besar asalkan iklas . dari jaman Nabi memang sedekah itu dasyat Cuma kita2 aja yang kadang sok tahu sok analisa sok jadi Dai sok apalahhhhhhhhhh yang intine nutupi kepelitan & ragu ragu mosok uang di berikan orang lain…. Mending diam aja jadi aman sing penting tidak merugikan orang lain dan tidak dilarang Allah. Q sudah sering lihat orang yang karakternya seperti mas ikhsan tak terangin pelan pelan brosur itu dan rekeningku tak tunjukinn ada print out 20 rb banyak bangt eeeee yg namanya orang pelit tetep orang pelit dia tidak melihat sisi baiknya yg dilihat adalah tdk modal tp ada hasil yg lebih jengkelkan lagi dia bilang TAKUT KAYA sambil ketawa ngekek trus q amini aja bahwa dia takut kaya ……setiap q jumpa dengan orang itu q bilang ama temanku dia takut kaya jangan ditawari brosur itu….. padahal kawannya juga berhasil jalankan itu. Tp ya itulah……he he he Cuma berbagi pengalaman . pesanku jangan takut jalankan brosur itu uang itu tdk hilang……Cuma menghilang dua bulan tp kita akan mendapatkan ahasil yg lebih …… semua teeserah kita……browwww


wiwin said...

Masa sulit gini pengen cari cara buat penghasilan sampingan susah……. Pengen cari pesugihan takut Allah dan tidak barokah…… mana hutang menumpuk lagiiii , biaya anak sekolah tinggi biaya hidup juga tinggi saudara adanya Cuma mengolok ngolok menjauhi soale hidupku susah mana yg ngutangi tdk mau kompromi lagi….. tp q masih punya Allah setiap q berjalan selalu mendapatkan brosur itu tak baca pelan pelan, q tidak yakin…. Mosok ada orang yau mau mentrasfer uang ini jaman modern bung …… lalu kucampakkan brosur itu…. Esoknya q dapatkan lagi brosur itu. Tak baca lagi tak buang lagi . esokny a q dapat lagi . tak baca lagi pelan pelan didalam brosur ini dijelaskan yg penting iklas toh Cuma 80 rb tp jika berhasil akan merubah nasibmu….selanjutnya q nekat dengan berbekal uang pinjaman dari ibuku dari uang jualan gorengan tak minta , q selanjutnya buat ATM BRI . Q sebenere kasihan lihat ibuku uang hasil gorengan tak minta buat jalanke brosur tp ibuku membolehkan sing penting bisa Bantu q walaupun sedikit. Selanjutnya q ikuti petunjuk yg ada di brosur itu q tidak peduli siapa tahu ini adalah jawaban dari doa doa ku . q fotokopy seebaran itu dn q bagi bagi di setiap ATM dan mushola demi mushola seminggu dua minggu nihil hamper sebulan ada satu yg transfer q tambah lagi memfoto kopinya q semakin tidak peduli hasil ataupun tidak gak masalah……..itulah perjuangan…..ahamdulilah biarpun sedikit ada hasilnya dan q tunjukkan pd teman dekatku ada yg ikut ada yg ragu….. q tidak muluk muluk dapat ratusan juta . setiap minggu 500 rb q dapat transferan . sekarang hutangku agak menyusut q bersyukur sampai sekarang q tetep menyebar brosur itu, untuk saja kerjaanku mirip salae jadi sambil menyelam minum air , sambil jalan brosur disebar….. bahkan jika temanku ada yg gabung dan tidak bisa menyebar maka q bersedia membantu menyebarkan, kalau dia hasil q juga hasil Cuma q tidak keluar biaya fotokopi enakkan………kerjasama yg bagus…. Curhat brooww

Herbal smoke said...

subhanallah.... penipuan atau bukan, kita kembalikan saja kpd Allah SWT, krn hanya Allah yg memberikan kita Rizqi. saya sudah terlanjur menjalankan program ini, Alhamdulillah bisa membayar hutang2 saya.
wassalam.... cahyani 085320303828

Adam Kuntadi said...

sebenarnya ini bukan penipuan. cuma yg slah mencatut nama yusuf mansyur. dan ini lebih pas disebut program tolong menolong,bukan sedekah. tapi saya tetap ikut dan alhamdulillah ada hasilnya.karena program ini hanya berdasar kejujuran, ikhlas, dan kepercayaan. masalah oknum, itu pasti ada yg memanfaatkan program ini

Anonymous said...

Dicari mitra dan leader untuk ikut bisnis Ustad Yusuf Mansur melalui PT. Veritra Sentosa Internasional (Yusuf Mansur sebagai owner). Modal Rp. 275 ribu, seumur hidup dan dapat diwariskan. Info lengkap klik www.vsismartnetwork.com/?id=mybiz HP 087749625299

mas antok said...

kawanku tak ajak ikut jalane brosur sedekah itu sehari di fotokopi malam di sebar du hari dah hasillllllll........ yo syukurlah jadi q yg ngajak jg ikut senang.....

titik said...

penipuan ataupun tidak terserah kita yg mensikapi q sendiri diam diam jalankan dan hasilll monggo yg lainya sekirane ada kawanku yg tak terangke masuk akal ya monggo yg tidak ya monggo q dewe hasil bisa bayar hutanggg ,,, gimana dengan orng lainnya yg ternkena hutanng banyakkkkk ....... ini solusine ..... coba aja toh cuma 80 rb

agus haryono said...

hai orang orang yg tidak setuju..... cobalah dulu sekirane dirimu gagal dan habis uang sejuta ebih maka baru bolehlah bilang ini penipuan ..... cobalah dulu...... sing penting iklhas, yakin dan jujur ikuti petunjuk dan aturan mainnya ok brow,,,,, god luck semoga berhasillll

Anonymous said...

saya tak akan komentar soal sedekahnya, tapi coba pikirkan ini : jika setiap org yang menerima brosur ini mengganti nama/no.rek. 4 org yg berhak menerima transfer itu dgn 4 nama/no.rek. teman atau keluarganya sendiri bagaimana? pasti ada banyak jutaan brosur yg tersebar, tapi perputaran uangnya tidak ada!

fino telez said...

Nek pengen sukses yo kerjo to om tante,mbok de, pak de,doa, usaha ikhtiar, tawakal.
Ojo mok ngayal wae....
nek pingin sedekah yo sedekaho, rak sah pamer, pada dasare sedekah kui mongg kanggo sedulur2 seng kurang mampu,lan ojo ngarepke balik seko wong liyo, namung ngarep maring gusti,lantaran KERJO !!!

Anonymous said...

Betul ini. Pekerjaan yang sia-sia menyebarkan brosur tsb!

Harvey Kaliwesi said...

Sekolah saya cuma tamatan SMA,dan saya kerja hanya sebagai penjaga malam di Universitas Sumatera Utara medan,dan saya baru saja dapat brosur program investasi tersebut dimeja saya dan saya baca dengan teliti.Di brosur yang saya dapatkan tidak ada yang membawa nama agama ataupun nama seseorang, jadi seandainya ada brosur yang mengatas namakan agama ataupun nama seseorang mungkin hanya untuk lebih meyakinkan orang yang mendapatkan brosur tersebut.Tapi terlepas dari hal itu semua saya yakin tidak ada unsur pemaksaan dan penipuan di program tersebut dan menurut logika saya itu adalah program tolong menolong antar sesama umat manusia jadi tidak ada salahnya kalaupun kita ikut bantu tolong sesama karena suatu saat kitapun butuh pertolongan orang lain

indra rahmawan said...

Assalamualaikum.......
Lieur eunk ...... :D
Komen.nya pada panjang2. Perdebatan takan membuahkan hasil..... Jadi yakin pada diri sendiri aja
kenapa harus bilang ini penipuan / bukan...
Klo orang yg berhasil di program ini berarti emang udah jadi rejeki.nya.... Rejeki udah ada yang ngatur...
Watur nuhun... (Wong Sunda ) :D

Abu Amni said...

Nek jaman biyen jenenge arisan berantai.. Biyen lewat e-mail sekarang pake kertas fotocopy. Yang ketipu tetep ketipu, yang menipu, mengajari orang ikut menipu. Disayangkan sedekah kok jadi kambing hitam..

mas anto said...

sopo ngomong ngapusi , q dewe buktekne hasil q isoh bayar utang raketang sitik sitik soko hasil brosasur kwui, .....

bagong said...

dulu q pernah ikut MLM jarang berhasil, q sendiri gur manut jare gini gitu eh soalnya q tidak baca semua petunjuknya dan jarang tanya, q habis 600 dpt bons cuma 90 rb itupun belum boleh diambil katane harus minimal 150 rb katane setiap saat kudu tutup pont dengan harga 200 rb. kapan untunge.... lalu q menemukan brosur Keabaiaban Sedekah ini q baca dengan berulang ulang eee q nekat ikut aja.... yen tipuan biar aja kan cuma 80.rb daripada MLM itu setiap point 200 rb. sebulan kemudian alhamdulillah ada ygma transfer dan kawan kawanku tak ajak yo hasil sejak saat itu q sering nyebar brosur itu . q tidak peduli orang percaya atau tidak yg penting q maju terus toh q hasil ngapain ngurusi orang gak percaya .............. diam aja rekening tambah lalu rajin sedekah sama yg membutuhkan....................

Franky said...

Saya sangat setuju dengan bung Ikhsan. Kita harus mengetahui dengan jelas uang yang kita hasilkan itu diperoleh dari usaha apa. Untuk program spt ini yang tidak jelas jenis usahanya, bisa saja uang yang diperoleh tidak halal. Memang sudah ada teman sy yang membuktikan bahwa dia bisa mendapatkan puluhan juta lewat program serupa, tp saya tetap tidak mau ikut karena uang yang diperoleh tidak jelas asal usulnya. Bung Ikhsan, saya pikir orang seperti kita sudah jarang, lebih banyak orang2 yang serakah dan matanya langsung biru begitu tahu bisa dapat uang tanpa harus berusaha, tanpa peduli lagi uangnya datang dari mana. Sebagian akan berusaha mencemooh tulisan Anda dan membela diri mereka sendiri. Tapi biarkan saja. Anda sudah berusaha mendidik orang lain lewat pandangan Anda yang benar. Teruskan usahamu.

Anonymous said...

Yang mengkritik tulisan ini... kelihatan banget kalo berargumen cuma mengandalkan logika, tanpa nurani

Ya Allah, jangan biarkan kami menuju kehancuran...

Anonymous said...

Apa salahnya sih saling berbagi dan tolong menolong? Toh gak ada paksaan dalam menjalankannya.. Buat saudara Iksan lebih baik baca brosurnya lebih detail.. Coba analisa dimana letak penipuannya.. Lebih baik diam dan gak usah komentar negatif. Biarkan orang lain saling menolong dengan cara mereka sendiri, toh anda tidak dirugikan sama sekali!! Don't be so narrow minded!!

Anonymous said...

Kalo di pikir otaknya mas iksan ini kayaknya sempit banget ya?! Sok pinter..

Anonymous said...

http://www.hidayatullah.com/read/2013/12/05/7641/waspada-selebaran-sedekah-berantai-mencatut-ustadz-yusuf-mansur-beredar-lagi.html

Anonymous said...

ujung2e MLM, money game...cuma alesane aja sedekah...
padahal kalo sedekah kan seharusnya yang berhak menerima 8 golongan itu toh?
lha ini? yang nerima sedekah kan yang tau info, yang ngebet dapet duit dengan cara instan,

ini sih cuma nama lain dari bisnis cepat kaya embelgedes itu...

kalau aku, pengen sedekah yaudah datengin aja orang2 yang membutuhkan.

dh3n0x m4n1z said...

Kok aku baru tau ya
Hehehe

Anonymous said...

bagi yang mempunyai hutang banyak dan bingung cara membayarnya jangan kawatir............. mungkin dengan menjalankan brosur ini anda akan sedikit banyak bisa membatu............tapi kita harus ikhtiar dan berdoa.............. jangan lupa sedekah pd fakir miskin, apalagi ANAK YATIM...........INSYA ALLAH ini adalah jalan keluar untuk kita. bagi teman2 yang mungkin ingin menjalankan tp tidak mempunyai brosurnya bisa sms saya di no Hp.ku 08386591057 , alamat anda yg lengkap maka saya kirim via pos brosur tersebut ketempat anda. yuk kita jalankan dengan iklas brosur tersebut .....jangan pedulikan oraning lain mencibir. keberhasilan ditangan kita sendiri. lebih baik sekali mencoba dari pd 1000 x mendengar.

Anonymous said...

gur 80 rb aja dadak kokean mikir , yen rugi gpp tp yen berhasil............. awake dewe isoh sugehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh tenannnnnn apalagi kita imbangi dengan sholat dhuha dan tahajut ......... pasti brosur tersebut akan bekerja dengan dasyatnya..... gak percaya coba aja........

Anonymous said...

80 rb jika di simpan dialmari didiamkan sebulan dibuka jumlahnya yo tetap 80 rb, jika buat jajan langsung habis, jika buat beli MIRAS buat tubuh klenger dan tak ada gunanya...... coba buat menjalankan brosur itu sebulan akan bertambah coba aja....... jangan ngikuti yg pd gak percaya..... sing gak percaya ...silahkan gak percaya.......

Anonymous said...

kepada anonym2 yang mendukung brosur itu, kalian tidak cukup kuat dan cukup berani untuk MENUNJUKKAN DIRI SIAPA KALIAN jika memang benar bahwa kandungan brosur itu benar.

saya salah satu yang sudah mendaftar tetapi BELUM mentransfer.

Setelah membaca semua ini, baik kata2 dari anonym atau dari Bung Iksan... hanya satu kesimpulan yang paling realistis.

REJEKI DIDAPAT DENGAN BEKERJA.

Terima kasih, ALLAH memang telah 'menunjukkan' jalan kepada Hambanya.

(saya batal mengikuti apapun isi brosur atau isi web dari http://rejekinet.com )

Anonymous said...

o iya, tentang si "Edward Tanasele, Mahasiswa Universitas Patimura" ada juga di web rejekinet.com ...silahkan di cek dengan tujuan UNTUK TIDAK bergabung ke dalam lingkaran setan pengedar brosur atau web pemalas ini.

Anonymous said...

q punya pengalaman begini, dulu setiap q bepergian q selalu menemukan brosur itu, trua q beranggapan itu brosur paling penipuan. Q campakan aja di sampah..... lain hari q menemukan lagi di mushola POM BENSIN.... q baca lg q campakan lagi..... trus begitu trus dan terus....... selanjutnya q menemukan lagi brosur tersebut dlm kondisi jelek, lusuh, gambarnya udah burem, jelek, q aja melihat itu foto siapa. padahal itu foto ust. yusuf Mansur. tp pd waktu q menemukan itu brosur yg lusuh itu. kondisiku baru diuji Allah yaitu jatuh alias banyak hutang......sekli lagi q tegaskan BANYAK HUTANG......LAGI YA BANYAK HUTANG..... sampai2 untuk pulang aja q takut. permasalahannya saudara kandungku yg q anggap saudara dekat malah meracuni si PENAGIH HUTANG agar bisa secepatnya dilunasi. jika tdk rumahku disita aja...... itulah kejadian yg tak alami.....selanjutnya tak pahami kata demi kata brosur itu lalu q berpikir kalau emang ini adalah salah satu jalan keluar untuk bisa melunasi hutang / menyici , kenapa tidak toh cuma 80 rb. jika ini tipuan 80 rb uang gak seberapa ( bukan q menyepekan uang 80 rb ). dari pd Ikut MLM tak tahu pasti kapan hasilnya adanya rugi dan uang masuk trus...... harus tutup point...... sampai kapan tutup point.....sampai yg punta MLM bangkrut kali. he he he ....eh serius nih..... selanjutnya q berniat mengetik ulang brosur yg lusuh itu dan q jalankan. q tdk berpikir hasil atau tdk q maju trusssss mantang mundur, tp q ttp kerja seperti biasa............ sebulan kemudian q tengok saldo gak ada. tp q tdk putus asa, q foto kopy lagi q sebar lagi brosur itu di ATM BRI, musola, rumah sakit dll. untung kerjaanku seperti sales kesana kemari jd q gunakan utk menyebar SAMBIL MENYELAM MENYEBAR BROSUR..... dua bulan kemudian q tengoh e ada yg tranfsre tp pd waktu itu baru 2 oran gpp. q maju trus..... setelah itu hampir setiap minggu q cek ada uang 300 rb. trus setiap 3 hari sekali ada yg kirim 200 sampai 500 rb. ah lumayan bisa untuk menyicil angsuran. asilnya tdk banyak tp setiap minggu kadang dua hari bahkan kadang sehari ada . targetku emang tdk berlebihan. sedikit sedikit ada masukan biarpun hanya 40 atau 60 rb itu bagiku cukup bisa dikumpulin. untuk banyar angsuran... q jalankan brosur tersebut tgl 12april 2012 sampai sekarang. setiap bulan q usahanakan mengfoto kopy sebanyak 50 rb. selanjutnya sebulan q tengok berapa hasilnya dan hasilnya bisa lebih kadang jk nasib baik bisa 1 jt atau 1,5 jt. kalau pengen hasil bnayk fotokopi yg banyak..... inilah kisahku jika percaya atau tdk itu terserah.. situ.....iu brosur emang dsyat...... bagi anda yg punya rek BRI apabila tdk ikut ini rugiiii.

Anonymous said...

dari pada uang dipakai buat beli Blok dan gunanya untuk menjelek jeekin brosur ini buat apa .....mubadir.....80 rb brooooow.....tdk banyak paling ama fotokopi habis 150 rb. tp jika berhasil bisa mengubah hidup kita. kita bisa berbagi/ memberi ama saudara, fakirmiskin, tetangga dekat.... hidup kita akan jd aman tentram, banyak saudara, dipuji orang ( tp ini bukan riya lho.... biar orang lin meniru dan akirnya behasil dan ikut berbagi ). Negara ini seekarang bukan negara AGRARIS tp ini negara HUTANG bayangkan yg gede hutangnya jg gede yg kecil hutangnya kecil , kapan selesainya . selesainya adaah apabila semua penduduk bangsa ini mau melakukan SEDEKAH, sedekah tdk harus orang kaya , orang miskin jg butuh sedekah. bagi yg buat blok ini q yakin ia udah kaya jd tdk butuh / tdk percaya dng brosur ini. tak ingatkan itu brosur bukan TIPUAN tp brosur itu adlaha UJIAN. maksutnya jika dijalankan dengan KEYAKINAN, KEJUJURAN, & KEIKHLASAN pasti hasil asalalkan gunakan otak kanan " jangan beroikir rugi tp berpikirlah kita membantu orang lain '" uang anda kelihatannya hilang tp HAKEKATNYA tdk hilang ( uang anda pergi memanggil teman2nya yg lebih banyak yg nantinya akan pulang ke anda jg itu pasti...... ). kalau kita beroikir dng otak kiri kapan kita akan jalan... adanya hanya ragu, males, yg akhirnya akan memnjelek jelekkin ( meracuni orang lain ) agar tdk ikut. tp semua terserah kita KAYA atau MISKIN itu bukan TAKDIR. akan tetapi kaya atau miskin itu pilihaN..... tentukan pilahn anda pilih KAYA atau miskin......

Anonymous said...

SETUJU atau tdk setuju brosur itu ttp jalan toh tdk merugikan orang lain....yg percaya yo jalankan aja yg tdk percaya.... yo enggak usah dijalankan gampangkan. tp pesenku bagi yg tdk percaya tolong brosurnya jangan di buang,atau disobek. berikan ama yg membutuhkan sebab jika brosur itu di buang akan mengurangi saudara2 kita untuk merubah nasib ( jangan lupa berdoa pd Allah SWT )......

Anonymous said...

ahhhh......q berpikir jika semua rakyat indonesia mau menjalankan brosur ini dengan yakin, ikhas & jujur . termasuk para pejabat sekalipun..... maka semua rakyat indonesia akan makmur tdk ada kata rakyak indonesia hidup di bawah garis kemiskinan tp adanya RAKYAK indonesia hidup diatas garis kekayan, tp kapankah itu terjadi . sedekah aja pd takut..... takut miskin....kaya pernah jd orang kaya aja........makanya jalankan brosur ini dengan 3 kunci yakin, jujur & ikhlas........

Anonymous said...

professor ekonomi yg paling pandaipun di Indonesia tdk bisa punya teori bagaimana mengentaskan kemiskinan, itu brosur bisa mengentaskan kemiskinan asalakan dijalankan dengan seius..... gak percaya.... bukikan yukkkkk... modal 80 rb......aja uang tetep balik.....

Anonymous said...

dalam menjalankan brosur ini tidak harus orang pandai, tidak harus orang alim, tidak harus orankaya, tdk harus orang miskin, tdk harus rang desa, tdk pula orang kota dll................................tp orang yg yakin, ikhlas & jujurlah yg bakal berhasil menjalankan brosur ini. Amin...........................

Anonymous said...

q aja yg miskin menjalankan brosur ini...siapa tahu....... hasil doakan yaaaaa

Anonymous said...

bagi yg tdk hasil menjalankan brosur ini ... anda mungkin sistem penyebarannya yg keliru.....
ini salah satun tips penyebaran yg efektif.
> sebarkan brosur ini pd hari libur ( sebab hari libur banyak orang yg belanja/ liburan )
> jangan menyebar dengan meletakkan brosur dlm jumlah yg banyak ( letakkan 3 bendel maks 5 bendel aja ) ini artinya jika brosur itu disingkirkan orang maka yg hilang cuma sedikit.
> berikan / bagikan pd orang2 yg betul2 terlilit hutang , terangkan dengan sabar pelan & sejelas2nya ( jangan dipaksa ) / pengalaman saya orang yg kelilit hutang yg banyak akan berfikir dan akhirnya mau.
> berikan pd teman, saudara yg betul2 kenal. terangkan dengan pelan 2 ( jangan dipaksa, ini bukan brosur paksaa ).
> jika kita berani kita bisa pergi ke kantor penggadaian. orang yg keluar dr kantor penggadaian berikan 1 bendel di luar pintu. ( kebanyakan orang penggadaian adalah orang kepepet, )
> sebarkan di rumah sakit ( kebanyakan orang rumah sakit orang kepepet ).
sementara ini dulu tips kami , saya selalu berpikir bagaimana cara penyebaran yg efektif....semoga berguna bagi yg mau menjalanka........ salam sukses ................

jika kita hasil orang lain juga hasil, jika kita kaya orang lain juga kaya , itulah isi yg terkandung di brosur itu.....tp yg jk ada orang yg berpikir itu penipuan ya monggo. semakin anda berpikir seperti itu jiwa anda semakin galau...... masalahnya pengen hasil tp tdk pengen modal......

Anonymous said...

pengen kaya yooo sedekah .....
> 30 S singkatannya saya sangat suka sama situ, sebab situ selalu suruh saya sering-sering sedekah, saat sehat saat sakit saat susah saat senang, sehingga saya sekeluarga senantiasa sehat sejahtera, selamat sampai surga,

> buanglah sedekah pd tempatnya sebab sedekah itu sebagain dr iman
> malas sedekah sesat di jalan boros sedekah jadi kaya....
> ada ubi ada talas , ada sedekah ada balas....

Anonymous said...

hallo saya yanto , q ingin mengomentari brosur itu. brosur itu telah ada sejak dahulu kira2 sekitar tahun 2000 . jadi jika brosur itu ada unsur penipuan maka brosur itu sudah lama di larang, buktinya sekarang masih beredar. dan didalam brosur itu tdk ada paksaan. yang sadar yo monggo tp yg tdk setuju ( tdkk percaya ) yo gak usah di jalankan enak kannnnnnnnn.....wong cuma 80 rb aja kok repot . misalkan dianggap tipuan, kan hanya 80 rb. wong MLM yg hbs banyak dan sampai jutaan bahkan puluhan juta ..... jelas2 tahu nt akhirnya rugi aja dipaksakan untuk ikut..... yg 80 rb di pikir banget. sampai di relain buat blok untuk dihasut. mbok mending bloknya dibuat ngritik Pemerintah aja yg intinya supaya rakyat tdk menderita, dan mengenteskan HUTANG setiap orang. pikirrrrr brow......pikirrrrrr.........q sendiri jalankan brosur ini dan alhamdulillah hasil biarpun tdk banyak tp kan bisa dibuat masukan sampingan , intinya kita harus ttp kerja . Jangan mengharapkan hasil dr brosur itu. dan yg lebih penting lagi kita ttp sedekah lainnya. Proffersor aja sampai kepalanya botak tdk bisa menyelesaikan kemiskinan rakyat indonesia. tp kalau brosur itu berjalan normal makssudnya semua menjalakan 100 bendel aja, betul apa yg dikatan teman kita yg diatas mk rakyat indonesia otomatis akan amat sangat merasakan sekali effek dr bdahsyatnya brosur itu..... masalahnya rakyat Indonesia jika melihat informasi tdk langsung dicerna, dipikir ataupun dirasa. melainkan baru dibaca sedikit dah langsung menganalisa TIPUANNNNNNNNNN ,...... pd hal belum tentu.....tp semua terserah kita hidup ini adalah PILIHAN..... pilih kaya atau miskin......

Anonymous said...

banyak salesssnya wkwkwkwwkwkwk

Anonymous said...

duit mah ga ada saudaranya,dia ga kenal miskin atau kaya yg enak tuh punya modal trus sebarin brosur di berbagai tempat kan cepet tuh hasilnya, apalagi kalo orang yg punya banyak duit + otak bisnis+serakah
tambah gampang aja ngejalaninnya hahahaha. tambah kasian simiskin, sedekah mah yg disekeliling kita aja dulu itu aja ga abis abis, jaman udh edan.www.ampundj.com setuju mas ikshan

Anonymous said...

SING gak setuju kata mas IPPHO , otak kanane gak beres alias tumpulll

Anonymous said...

nasib itu bisa di rubah dengan SEDEKAH........

Anonymous said...

LEBIH BAIK 1 X MENCOBA DARI PD 10000000000000000 X MENDENGAR AKHIRNYA JADI TERSIKSA ( tersiksa batinyaa....../ lha kepengen hasil tp td mau ngeluarin uang ) .....ha ha ha jas buka iket blangkon, sama juga sami mawon..........

Anonymous said...

analisane mas ikhsan terlalu pandai jd malah ngawur....... kayak pernah mencoba aja, coba sik...... jika tdk hasil baru komentar......... 80 rb tdk banyak ...direlakan pergi..... sebulan akan pulang dan bawa temanyaaaaa segentong, amin...................

Anonymous said...

ssssssssssttt............. kok pd ribut tow ........q aja yg hasil menjalan itu tdk ribut.....ngapain ribut..... negara aja wis ruyam.... piih mikir keluarga kita ben bisa ngliwet ...he he he ( bisa makan maksute )

Anonymous said...

saya andi,..... q cuma pengen mengeluarkn enek2 ku gini wong sing jalankan aja tenang2 aja dan rugi jg gpppp yg tdk jalankan sewot..... wis pikirane bingung sok tahu, ngurusi orang yg diurusi aja senang2 aja dan untung.......... yg ngurusi malah rugi.... lanjutkan rugimu BRowwwww....buat aja iklan di RCTI atau semua TV swasta yg intinya tdk setuju....... tak tunggu aksimu BRowwwwww

Anonymous said...

......orang yang contra dengan program ini....pengetahuan dan ilmu nya masih mentah.....semua ini hanya sari.at....

Anonymous said...

NASIB ITU BISA DIRUBAH.............................dengan cara berusaha, berdoa, dan sedekah ).......Pancinglh rejekimu dengan sedekah...........

Anonymous said...

siapa bilang miskin itu nasib...... miskin itu adalah pilihan , salah siapa milih miskin.............wis miskin sok tahu......

Anonymous said...

jika jalankan brosur itu kita jadi kaya , orang lain lebih kaya, kok bisaaa dibaca dulu brosur itu pelan2 jangan gunakan logika.... gunakan perasaaan dan keagunganNYA, cuma 80 browwww............

Anonymous said...

hi sya huggos. anak medan. letak penipuannya dimana om ikhsan?

Anonymous said...

setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu, letak penipuannya dimana ...... wong ini brosur yen setuju tinggal jalankan tp yen tdk yo gak usah dijalankan.... ehperkenalkan saya tarto dari jawa

Anonymous said...

padahal jk mas iksan dari dulu nekat jalankan tanpa ragu2 & tanpa berpikir rugi , mngkin itulah UJIAN, pasti udah hasil wong q aja baru saja ikut ini kira2 2 bulan yg lalu wis hasil emang gak banyak tp kan bisa buat nyicil cicilan bank.............. he he he opra pengen........ pd hal jika q hasil yg pastinya lainnya jg hasil.... wong begitu kok dianggap penipuan................ ......
yen penipuan kan yo udah dilarang polisi atau di urus oleh POLISI IT dan jika terbukti penipuan pastinya orang nomor satu di negeri ini yg jadi pahlawan adalah mas ikhsan.... kan dia mau jd sok pahlawan di jaringan MAYA. tp sayangnya udah kesiangan mas.......... ini brosur udah dari dulu ada................ dan orang yg jalankan enjoy2 aja.....
hanya ada satu kata dari q . pilih kaya atau miskin,

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 246   Newer› Newest»

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!