Pages

Rafinha, Veloso, Criscito, Toni, Zuculini ke Genoa!!! gila..!!

gila!!itu hal pertama yang ada di benak saya begitu membaca berita transfer Rafinha ke Genoa. Bagaimana tidak, Rafinha adalah salah satu wing back ternama di Jerman. Rafinha sendiri sebelumnya memperkuat Schalke 04. Selain itu Genoa sendiri bukan merupakan klub besar di Itali, pada musim lalu saja mereka hanya menempati peringkat 9 di klasemen akhir. Itulah yang mengagetkan, dan saya jadi teringat satu tahun lalu, ketika transfer musim panas masih bergulir, Rafinha menjadi rebutan tim favorit saya(Juventus) dan AC Milan. Namun akhirnya transfer Rafinha tidak terealisasi karena Juve lebih memilih meminjam bek Barca, Martin Caceres. Sementara itu Rafinha nampaknya masih terlalu muda untuk berlabuh ke San Siro. Jadilah ia tetap bertahan di Schalke. Tapi saya amat terkejut ketika tanpa ada kabar apapun tiba-tiba goal.com memberitakan kepindahannya ke Genoa. Tidak hanya saya, banyak pembaca lain yang berkomentar di sana mengutarakan keterkejutannya. Menurut harian Bild, Rafinha ditebus dengan €8 juta.

Rafinha (kaus biru)








Namun bukan itu saja yang membuat saya sontak terkejut, karena sebelum mendaratkan Rafinha, Genoa juga telah merampungkan proses transfer Miguel Veloso!! Apa-apaan ini, Miguel Veloso adalah pemain asal Portugal yang musim lalu bermain di Sporting Lisbon. Veloso juga sempat turun saat Portugal membantai Korea Utara 7-0 di Piala Dunia kemarin. Pemain muda ini sebenarnya tidak hanya diincar oleh Genoa, dia bahkan di awal-awal masa transfer mengatakan tidak tertarik untuk pindah ke Genoa karena klub ini dianggap terlalu kecil. Ia lebih memilih untuk bermain di klub besar yang tertarik padanya, tapi ternyata pada akhirnya ia berlabuh juga ke Genoa. Harga transfer tidak dipublikasikan, selain itu Genoa juga memberikan Zapater ke Sporting Lisbon.
Miguel Veloso (Portugal)
Miguel Veloso (Sporting Lisbon)









Keterkejutan masih belum usai, karena sebelum mendatangkan Veloso, Genoa juga ternyata sudah meminjam gelandang muda asal Argentina bernama Franco Zuculini. Mungkin banyak yang belum mengenal pemain ini. Namun di kalangan FM lovers, pemain ini (dan hebatnya Veloso juga) menjadi salah satu properti panas di bursa transfer yang cukup potensial. Permainannya selalu mempunyai nilai lebih. Bukan apa-apa, meskipun hanya sebuah game, menurut saya Football Manager 2010 adalah suatu miniatur sepakbola, hampir semua yang terjadi di dunia nyata dalam sepak bola bisa dilakukan di sini. Dan lebih hebatnya, pemain muda yang mempunyai masa depan cerah (di FM biasa disebut wonderkid) di game ini, biasanya di dunia nyata benar-benar akan bersinar. Contoh nyata yang masih panas adalah Neymar (Santos).
Franco Zuculini








Selain ketiga pemain di atas, ternyata lagi-lagi sebelum ini Genoa telah mengontrak Luca Toni dari Bayern Muenchen. Ya, pemain berpostur 196 cm ini didapat secara gratis setelah pihak klub sebelumnya (Muenchen) memutus kontraknya. Luca Toni sendiri adalah salah satu striker yang diperhitungkan di Italia. setengah musim terakhir kemarin ia sempat dipinjamkan ke AS Roma dan bermain impresif, mampu membawa Roma ke peringkat 2 Serie A dan runner up Coppa Italia.

Di antara semua transfer hebat di atas masih ada satu lagi transfer Genoa tapi tidak menyenangkan bagi saya, yaitu kepindahan Criscito dari Juve ke Genoa. Criscito sendiri digadang-gadang bakal menjadi full back kiri Itali masa depan. Ia juga sudah dimainkan di Piala Dunia lalu, namun anehnya pihak Juve malah menjual status kepemilikan bersama pemain muda ini ke Genoa. Criscito memang dimiliki bersama oleh Juve dan Genoa. Criscito ditebus seharga €6 juta dicicil selama 3 tahun.
Luca Toni

Domenico Criscito









Semoga saja dengan kedatangan banyak pemain hebat di Genoa Serie-A menjadi lebih kompetitif lagi. Mengingat dari tim papan atas yang melakukan belanja besar baru Juve. Inter dikabarkan malah akan melepas talenta muda Italia, Mario Balotelli ke klub Inggris Manchester City. AC Milan sendiri masih kesulitan keuangan dan hanya mampu membeli 1 pemain, meminjam 1 pemain, dan 1 free transfer sejauh ini.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!