Pages

SBY Panggil Obama "Yang Mulia"?

Setelah itu SBY bersulang dengan Obama...

Saya sangat kaget ketika mendengar SBY memanggil Obama dengan panggilan yang mulia. Bagaimana tidak, presiden dari negeri Paman Sam tersebut tanpa alasan yang jelas dipanggil seperti itu. Tidak hanya itu, kemudian SBY mengajak Obama dan para tamu undangan bersulang. Menurut informasi yang saya dapat, yang diminum SBY saat bersulang adalah sari apel. Kejadian tersebut terjadi saat acara jamuan makan malam kemarin. (09/11/2010)

"Terima kasih kepada Yang Mulia Presiden Barack Obama yang kembali ke Indonesia" , ujar pembawa acara. Namun tak ketinggalan SBY juga mengatakan hal yang sama di hadapan para tamu undangan. Teman-teman yang kemarin menonton pasti juga dengar.

Yah, saya tidak tahu persis mengapa SBY mengatakan itu. Sebegitu besarkah pengaruh AS di mata Indonesia? Mungkin jawabannya ya. Tapi pantaskah Obama dipanggil seperti itu?  Saya rasa itu berlebihan.  Kalau Obama mulia, lalu manakah di antara ini yang merupakan kebijakan mulia?


-Saya memiliki komitmen yang jelas dan kuat atas keamanan Israel sekutu terkuat kita di wilayah itu dan satu-satunya di wilayah itu negara dengan demokrasi yang mapan. Dan itu akan menjadi titik awal saya,” ujarnya. (New York Sun Editorial, awal 2008)

-“Saya berjanji kepada Anda bahwa saya akan melakukan apapun yang saya bisa dalam kapasitas apapun untuk tidak hanya menjamin keamanan Israel tapi juga menjamin bahwa rakyat Israel bisa maju dan makmur dan mewujudkan banyak mimpi yang dibuat 60 tahun lalu,” (peringatan 'hari jadi' Israel ke-60)

-Melakukan veto terhadap segala hukuman PBB untuk serangan Israel ke Palestina.

-Obama bahkan secara terbuka ketika menanggapi ledakan bom di Jerusalem pada Selasa (22/7) mengatakan bahwa AS mendukung Israel. “AS akan tetap mendukung Israel dalam perangnya melawan terorisme dan haknya untuk mempertahankan diri dari aksi-aksi teror
bersulaang....















nb: ternyata udah biasa panggilan kayak gitu, buat update-nya...
[UPDATE] di bawah...


[UPDATE]
Yang Mulia adalah terjemahan dari Your Excellency, setiap kepala negara kabarnya emang dipanggil gitu sih...soalnya itu sudah menjadi protokol kenegaraan...

hmm,,,aneh juga ternyata kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia, kenapa bukan yang terhormat aja yah? Entahlah, mereka yang di sana lebih tahu...

Jadi di posting saya yang ini saya tidak setuju dengan Obama yang menyetujui agresi Israel ke Palestina...Masalahnya sejak awal dia mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika ia mengatakan akan mendamaikan Israel dan Palestina....

-"Obama mengatakan, ia akan terus mendorong proses damai agar mencapai solusi dua negara dan bahwa ia akan bekerja dengan Palestina dan Israel untuk mencapai perjanjian karena itu merupakan kepentingan setiap orang," kata Erakat (juru runding Palestina, 2008).

-Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyerukan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB mendukung perundingan damai Israel-Palestina yang sedang berlangsung. Presiden Obama menyampaikan seruan itu di sesi ke-65 Majelis Umum PBB di markas umum lembaga internasional tersebut di New York.

Begitu....

Artikel Terkait



8 comments:

ratriiiapik said...

lagi - lagi
judul sama kesimpulannya ada yg nggak nyambung

tapi intine
aku yo ra setuju nek ada acara manggil pake kata" itu
sama yg bagian Israel kui

okok. nuwun artikel e
*akhirnya aku mbaca pas wes di update
hahaha :))

Ikhsan Permadi said...

hahaha...iyo-e..(ninja)
ngene ki nek ono pembaca sing kritis..ketauan wae...:p

ho oh kuwi, raiso diandelke Presiden Amerika ki sopo wae...
mesti ndukung Israel..
nek yang tau politik-e Yahudi mesti ngerti...(sleeping)

ratriiiapik said...

pembaca kritis kii sebutan sing terlalu bagus
sing bener kii
*komentator*
:))

eh, kok emoticone-e ra metu :-?

Ikhsan Permadi said...

haha...
yowis manut wae aku...:p

eh iyo ig, kok error yo?
kudune iso ki...
yo sik,tak ganti wae po yo....

ratriiiapik said...

okok, diganti sik wae

Anonymous said...

padahal presiden obama manggil sby gk your excellency, tapi presiden yudhoyono, knp sby gk manggil president obama saja, bukan yang mulia?

Ikhsan Permadi said...

@ratri: hehe...agak lama ni ngggantinya.. :D

Ikhsan Permadi said...

@anonymous: itu dimana ya? Pas di Indonesia? Saya kurang memperhatikan je acaranya sebenernya, kurang tertarik. Tapi protokol kenegaraan diperuntukkan buat tamu, jadi ya wajar saja kalau Obama manggil SBY biasa. Lain cerita kalau SBY yang ke Amerika...

Tapi bukan berarti saya setuju dengan pengucapan seperti ini. Agak aneh soalnya....

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!