Pages

Ulang Tahun Juve, Ulang Tahun Krasic!!

Selain itu, ayah dari Presiden Juve juga berulang tahun hari ini...

Ya, hari ini, 1 November 2010 adalah hari ulang tahun Juve yang ke-113. Sekaligus ulang tahun yang ke-26 bagi bintang baru mereka, Milos Krasic. Usia yang panjang bagi sebuah klub sepak bola. Umur itu pulalah yang menyebabkan Juve dijuluki La Vecchia Signora (Si Nyonya Tua). Sementara bagi Krasic, ini adalah pertama kalinya ia dan Juve merayakan ulang tahun di tempat yang sama, dimana ia sejak bursa transfer musim panas 2010 kemarin adalah pemain Juve, dan sekaligus fans Juve sejak kecil.

Segenap elemen di Juventus mulai dari Presiden hingga fans, baru saja mendapat kado istimewa, yaitu kemenangan 2-1 atas tuan rumah AC Milan yang kini ada di peringkat 3. Sementara Juve sendiri masih berada di peringkat ke 4. Dengan selisih 4 poin dari pemuncak klasemen sementara, Lazio. Krasic sendiri tidak ikut ambil bagian dalam kemenangan itu karena terkena skorsing larangan bertanding 2 partai dari komisi disiplin FIGC.
piala terbaru Juve, Trofeo Berlusconi
andalan baru, Milos Krasic yang berulang tahun sama dengan Juve

SEJARAH JUVENTUS
Juventus didirikan tahun 1987 pada tanggal 1 November oleh siswa-siswa dari sekolah Massimo D'Azeglio
Lyceum, Turin. Semenjak itu puluhan gelar diraih, menjadikan Juve sebagai klub tersukses di Italia dengan 27 scudetto (29, jika kecurangan Inter tahun 2006 terbukti di pengadilan dan 2 scudetto Juve dikembalikan). Juve dikenal sebagai klub Italia yang membanggakan produk lokal sebagai tulang punggung tim. Hal ini mengakibatkan andalan timnas Italia tidak jauh beda dengan pemain kunci di Juve, seperti Buffon, Chiellini, Marchisio, Quagliarella, dan masih banyak lagi yang sudah pensiun dari timnas.

Bukti paling mutakhir adalah pada 2 Piala Dunia terakhir. Tahun 2006, Juve berjaya di level klub, Italia menjadi Juara Dunia. Tahun 2010 Juve melempem, Italia tersingkir di penyisihan grup (meskipun ada klub Italia yang baru saja meraih treble winner, namun ironisnya tidak ada satupun italiano di starting line up-nya).


MASA KRITIS
Kejadian paling baru adalah kasus calciopoli (tahun 2006) yang menyebabkan Juve harus didegradasi ke Serie B. Selain itu, AC Milan, Fiorentina, dan Lazio terkena hukuman pengurangan poin. Meskipun bukti terakhir menunjukkan kalau Inter Milanlah dalang dibalik semua ini. Rekaman telepon  (yang berjumlah 171.00 rekaman) yang terkumpul sangat jelas memojokkan inter, dan bahkan tidak ada bukti yang merugikan Juve, namun Juve tetap didegradasi. Ada yang menilai karena sponsor terbesar persepakbolaan Italia kala itu adalah sponsor Inter juga. Dan banyak petinggi Inter yang menjabat di FIGC (PSSInya Italia). Banyak pihak memperkirakan, Inter menggunakan cara-cara tidak sah untuk meruntuhkan dominasi Juve beberapa dekade belakangan.

Hasilnya fatal, banyak bintang Juve yang pindah karena tidak sudi bermain di Serie B. Semacam Ibrahimovic, Thuram, Zambrotta, Emerson, Vieira, pelatih Fabio Capello, dan sang maestro transfer Luciano Moggi, yang dihukum tidak boleh berkecimpung di dunia selama beberapa tahun. Akibatnya kekuatan Juve lumpuh, Juve harus membangun tim dari awal lagi. Meskipun ada pemain yang masih loyal bertahan seperti il capitano Del Piero, legenda hidup Pavel Nedved, Trezeguet, Buffon, dan Camoranesi. Akhirnya Juve kembali ke Serie A setelah hanya 1 tahun di Serie B dan menjadi juara.

KONDISI TERKINI
Disokong oleh FIAT (keluarga Agnelli), dan pemain-pemain yang masih loyal, serta dukungan fans, Juve perlahan-lahan kembali menemukan performanya, meski belum seperti dulu. Tahun ini kekuatan Juve mulai diperhitungakan setelah kegiatan di bursa transfer yang cukup giat pada musim panas kemarin. Hasil terakhir kemenangan atas I Rossonerri AC Milan di kandang mereka dengan skor 2-1. Sekaligus sang kapten Alessandro Del Piero memecahkan rekor klub sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub dengan 179 gol, dan masih sangat mungkin bertambah. Hal ini sekaligus menjadi kado bagi ulang tahun Juve yang ke 113.

PRESTASI KEJUARAAN
Gelar Juventus yang pernah diraih adalah sebagai berikut:
Serie A 27 kali
Serie B 1 kali
Coppa Italia 9 kali
Piala Super Itali 4 kali
Liga Champions 2 kali
Piala Winners 1 kali
Piala UEFA 3 kali
Piala Interkontinental 2 kali
Piala Intertoto 1 kali
Piala Super Eropa 2 kali

*Beberapa dari kompetisi di atas sudah tidak diselenggarakan, dan itu hanya kompetisi yang resmi disetujui FIFA, masih banyak lagi gelar di kompetisi yang tidak resmi..
Bisa dibilang Juve telah mengumpulkan semua gelar yang mungkin diraih di level tertinggi persepakbolaan eropa, bahkan dunia...



Sementara itu, Milos Krasic yang juga berulang tahun di hari yang sama dengan Juve telah menjadi bagian integral dari kebangkitan Juve di musim ini setelah penampilan impresifnya sejauh ini. Profil Krasic sendiri dapat dilihat di sini. Tidak lupa juga ayah dari Presiden Juve sekarang (Andrea Agnelli): Umberto Agnelli, juga berulang tahun. Keluarga Agnelli bersama perusahaannya (salah satunya FIAT), telah banyak membantu perkembangan Juve sejal awal masa perjuangan Juve di Itali hingga sekarang.
keluarga Agnelli, pemilik FIAT GROUP
Forza Juve!! Forza Agnelli!

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!