Pages

UGM Hapus UM UGM 2011

Hanya akan ada 2 jenis ujian, yaitu ujian tulis SNMPTN dan SNMPTN jalur undangan...

Langsung dibahas saja:
1. Ujian Tulis SNMPTN
Sepertinya akan sama seperti ujian SNMPTN tahun kemarin. Pembuatan soal akan dibuat oleh suatu tim dimana pihak UGM mengiriman sekitar 15 orang, begitu juga dengan pihak ITB dan UI. Seperti itulah yang disampaikan oleh Bapak Rektor UGM yang ditampilkan di web UGM.

2. Ujian SNMPTN Undangan
Jalur ini terdiri atas PBUTM (Penjaringan Bibit Unggul Tidak Mampu), PBUBB (Penjaringan Bibit Unggul Beasiswa Berprestasi), PBOS (Penjaringan Bibit Unggul Olahraga Seni), dan PBUPD (Penjaringan Bibit Unggul Pembangunan Daerah). "Penjaringan Bibit Unggul Swadana (PBS) termasuk penerimaan melalui jalur ini. Tentang syarat-syarat dan prosedur, sama seperti di penjaringan bibit unggul sehingga meski memiliki prestasi tetap disyaratkan masuk ranking 25 persen terbaik di kelasnya," [Direktur Administrasi Akademik UGM]

Penyebab Utama
Mengutip dari ucapan rektor UGM di situs resmi UGM:

Riset membuktikan rerata IPK mahasiswa melalui penjaringan Utul UM UGM lebih tinggi dibandingkan rerata IPK mahasiswa jalur UMPTN (SNMPTN),

Dijelaskan Rektor, para mahasiswa mampu memiliki IPK tinggi karena melalui proses seleksi yang baik. Dalam proses ini, soal-soal yang diujikan sangat berbobot. Oleh sebab itu, pada seleksi mahasiswa baru tahun 2011, soal-soal yang dikembangkan UGM sepakat untuk diintegrasikan ke dalam Ujian Tulis SNMPTN. "Karena bagaimanapun UGM ingin mencari cara terbaik untuk membantu masyarakat untuk bisa belajar di perguruan tinggi," ujar Rektor.

Dengan mengintegrasikan seperti itu, Rektor meyakini bahwa seleksi SNMPTN 2011 akan lebih berkualitas dan mampu menjaring para mahasiswa terbaik. "Karena sudah diintegrasikan ke dalam SNMPTN, maka seleksi mandiri UGM berupa ujian tulis (utul) ditiadakan," ungkap beliau.


ayok siapa minat ke ilkomp UGM? :D 

*Ujian Tulis SNMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Juni 2011, sedangkan pengumuman akan dilakukan pada akhir Juni 2011. Untuk seleksi mahasiswa baru SNMPTN jalur undangan akan dibuka mulai bulan Februari 2011.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

tidak setuju? punya pendapat lain? ayo sampaikan pendapat Anda..
tinggal ketik, post comment! nggak pake verifikasi!